Rabu 23 Jun 2021 13:22 WIB

Tahanan di New South Wales Dipindahkan karena Wabah Tikus

Wabah tikus dikhawatirkan membahayakan kesehatan para napi.

Tikus Liar (ilustrasi)
Tikus Liar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mulai Selasa (22/6), lebih dari 400 tahanan dan 200 orang petugas telah dipindahkan dari sebuah penjara di negara bagian New South Wales (NSW) ke tempat lain. Sebabnya, ada wabah tikus membahayakan kesehatan mereka.

Penjara Wellington Correctional Centre yang terletak di dekat Dubbo, sekitar 390 km dari ibu kota Sydney merupakan salah satu pusat penahanan terbesar di NSW. Wabah tikus di sana sudah mulai merusak berbagai fasilitas gedung. Wabah ini dikhawatirkan membahayakan kesehatan para tahanan dan staf yang bekerja di fasilitas tersebut.

Baca Juga

Selama 10 hari ke depan penjara akan dibersihkan dari bangkai tikus yang mati,. Fasilitas yang rusak juga akan diperbaiki dan diperbarui untuk menghindari kemungkinan kejadian serupa di masa depan.

Pihak pengelola penjara, Corrective Services NSW (CSNSW) memperkirakan semua proses perbaikan ini akan memerlukan waktu empat bulan.

Komisioner CSNSW, Peter Severin mengatakan penjara di seluruh kawasan regional NSW akan mulai menerima para tahanan, dimulai dari yang terdekat dengan Wellington. 

 

"Tikus sudah menyerbu penjara dan kerusakan yang terjadi sudah begitu parahnya, sehingga lebih baik memindahkan seluruh penghuni untuk sementara waktu," ucap dia.

Tikus mulai masuk ke penjara tersebut sejak tahun lalu, namun jumlahnya semakin meningkat belakangan.

"Banyak tikus ini yang kemudian mati dan masalah berikutnya adalah parasit di bangkai tikus. Kami tidak mau parasit itu mengenai tahanan dan staf yang bisa mengancam kesehatan mereka," kata Peter.

 

Tiga bus disiapkan untuk memindahkan para napi. Napi perempuan pertama kali akan dipindahkan ke penjara Bathurst, yang berjarak 199 km atau  Broken Hill yang berjarak 753 km.

Banyak napi lainnya akan dipindahkan ke Macquarie Correctional Centre, sekitar 52 km dari Wellington.

 

 

https://www.abc.net.au/indonesian/2021-06-22/napi-penjara-dipindahkan-karena-wabah-tikus/100234598

sumber : ABC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement