Sudah 35 Tahun, Modric Masih Buat Pelatih Kroasia Kagum

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Kapten Kroasia Luka Modric merayakan setelah mencetak gol kedua timnya pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Kroasia dan Skotlandia di Stadion Hampden Park di Glasgow,  Rabu (23/6) dini hari WIB.
Kapten Kroasia Luka Modric merayakan setelah mencetak gol kedua timnya pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Kroasia dan Skotlandia di Stadion Hampden Park di Glasgow, Rabu (23/6) dini hari WIB. Foto: Robert Perry/Pool via AP
Dengan gol ini, Modric menambah deretan rekornya bersama timnas Kroasia.

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Kroasia akhirnya tetap berhasil melangkah ke babak 16 besar Euro 2020 setelah gagal memetik kemenangan di dua laga awal penyisihan Grup D. Tidak hanya menjadi kemenangan perdana di pentas Euro 2020, torehan tiga gol ke gawang Skotlandia pada laga pamungkas penyisihan Grup D, Rabu (23/6) dini hari WIB, juga membawa Kroasia melanjutkan kiprah di Euro 2020. 

Namun, kemenangan, 3-1, atas Skotlandia itu tidak diraih dengan mudah oleh tim berjuluk Vatreni tersebut. Sempat unggul terlebih dulu lewat sepakan Nikola Vlasic pada menit ke-17, Kroasia dipaksa menutup babak pertama dengan skor imbang, 1-1. 

Skotlandia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-42 via gol dari Callum McGregor. Beruntung, Kroasia masih memiliki Luka Modric. Peraih gelar Ballon d'Or 2018 itu menjadi inspirator kemenangan Kroasia di laga yang dihelat di Stadion Hampden Park tersebut. 

Gelandang berusia 35 tahun itu pun membawa Kroasia unggul lewat gol indah pada menit ke-62. Memanfaatkan sodoran bola dari Mateo Kovacic tepat di tepi kotak penalti Skotlandia, Modric melepaskan tendangan dengan bagian luar kaki kanan. Bola hasil sepakan gelandang Real Madrid itu bersarang mulus ke pojok atas sebelah kanan gawang Skotlandia. 

Dengan gol ini, Modric menambah deretan rekornya bersama timnas Kroasia. Selain sebagai pencetak gol termuda di sepanjang partisipasi Kroasia di Piala Eropa, Modric juga tercatat sebagai pemain tertua yang mencetak gol untuk Krosia di pentas Piala Eropa. 

Aksi Modrid di laga tersebut tidak berhenti di gol tersebut. Eks gelandang Tottenham Hotspur itu juga menjadi arsitek gol ketiga Kroasia di laga tersebut. Sepakan tendangan penjuru, yang dieksekusi Modric, sukses disambar oleh Ivan Perisic pada menit ke-77. Gol ini memastikan keunggulan Kroasia sekaligus menghentikan perlawanan Skotlandia di laga tersebut. 

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, pun tidak bisa menyembunyikan kekagumannya terhadap Modric. Meski telah menginjak usia 35 tahun, Modric dinilai masih mampu bersaing di level tertinggi. Bahkan, Dalic menyebut, Modric sebagai motor utama di tim Kroasia saat ini. 

''Tidak ada yang tahu bagaimana Modric masih bisa melakukan semua itu. Saat kami mengira, dia sudah mulai mengalami penurunan performa dan kehilangan kekuatannya, dia malah masih menjadi kekuatan utama buat tim ini. Dia yang menarik tim ini. Apapun yang saya katakan tentang Modric tidak akan cukup. Saya begitu bangga masih memilikinya di tim ini,'' tutur Dalic seperti dikutip AFP, Rabu (23/6). 

Kemenangan atas Skotlandia ini membawa Kroasia finish di peringkat kedua klasemen Grup D. Meski memiliki koleksi poin yang sama dengan Ceko, Kroasia mengantongi keunggulan jumlah selisih gol. Di babak 16 besar, Kroasia akan menghadapi runner-up dari Grup E. Padahal, langkah Kroasia di Euro 2020 terbilang tersendat dengan memetik satu kekalahan dan satu hasil imbang di dua laga awal penyisihan Grup D. 

Dalic pun menyebut, sepuluh hari terakhir merupakan ujian terberat Kroasia. Namun, para penggawa Kroasia akhirnya bisa membuktikan kemampuan mereka yang sebenarnya. 

''Sepuluh hari terakhir merupakan ujian yang berat buat kami. Akhirnya, kami telah menunjukan apa yang bisa kami lakukan. Sekarang, dari titik ini, semuanya akan berjalan jauh lebih mudah,'' kata Dalic.

Terkait


Pemain Kroasia Nikola Vlasic, tengah, merayakan setelah mencetak gol pembuka ke gawang kiper Skotlandia David Marshall pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Kroasia dan Skotlandia di Stadion Hampden Park di Glasgow,  Rabu (23/6) dini hari WIB.

16 Besar Euro 2020: Jadwal dan Ringkasan Pratinjau Laga

 Pelatih kepala Jerman Joachim Loew bereaksi selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 (ilustrasi)

Joachim Loew tak Khawatir Performa Jerman Lawan Inggris

 Karim Benzema dari Prancis (kanan) bereaksi dengan Cristiano Ronaldo dari Portugal selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hongaria, 23 Juni 2021.

Kata Benzema Usai Reuni dengan Ronaldo di Budapest

Pelatih kepala Prancis Didier Deschamps

Deschamps Optimistis Timnas Prancis Bakal Lebih Trengginas

Paul Pogba dari Prancis bereaksi setelah pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hongaria, 23 Juni 2021.

Pogba tak Mau Bahas Masa Depan, Enggan Dikaitkan dengan Juve

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image