Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Akhlak Rasulullah Ketika Menjenguk Orang Sakit

Rabu 23 Jun 2021 08:32 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah

Akhlak Rasulullah Ketika Menjenguk Orang Sakit

Akhlak Rasulullah Ketika Menjenguk Orang Sakit

Foto: Republika/Mardiah
Rasulullah orang pertama yang menjenguk jika sahaba-sahabattnya sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah SAW begitu peduli terhadap sahabat-sahabatnya. Beliau menjadi orang pertama datang (menjenguk) ketika mengetahui ada sahabat-sahabatnya yang sakit. 

"Rasulullah SAW jika mengetahui ada salah seorang sahabat yang sedang menderita sakit, maka beliau selalu menjadi orang pertama yang bergegas menjenguk," kata Muhammad Ismail Al-Jawasy dalam bukunya Nabi Muhammad SAW Sehari-hari.

Baca Juga

Setelah masuk di rumah yang sakit, Rasulullah berkata kepadanya, "Dengan izin Allah tersucikan." Maksudnya kata Ismail Al-Jawasy adalah bahwa sakit menyucikan seseorang dari dosa. Ismail menuturkan, posisi beliau ketika menjenguk selalu mendekat kepada si sakit dan duduk dekat kepala, kemudian berkata, "Bagaimana keadaanmu?"

Setelah bertanya, beliau lantas mengusap kepala si sakit dengan tangan kanannya dan berkata, "Sembuhkanlah sakit ini wahai Tuhan sekali manusia yang menyembuhkan penyakit. Tidak ada yang bisa menyembuhkan terkecuali engkau."

 

 

Atau juga bisa membaca, "Ya Allah Tuhan sekalian manusia, hilangkanlah penyakit ini. Ya Allah sembuhkanlah hambamu. Sesungguhnya hanya Engkaulah yang Maha Menyembuhkan dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan bekas."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA