Ringkasan Grup D: Telat panas, Kroasia Temani Inggris

Red: Gilang Akbar Prambadi

Pemain Kroasia Ivan Perisic, kiri, merayakan dengan Luka Modric setelah mencetak gol ketiga timnya pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Skotlandia dan Kroasia di Stadion Hampden Park di Glasgow,  Rabu (23/6) dini hari WIB.
Pemain Kroasia Ivan Perisic, kiri, merayakan dengan Luka Modric setelah mencetak gol ketiga timnya pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Skotlandia dan Kroasia di Stadion Hampden Park di Glasgow, Rabu (23/6) dini hari WIB. Foto: AP/Andy Buchanan
Kroasia lolos sebagai runner-up Grup D.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tim nasional Kroasia mengalami telat panas dalam penampilan mereka di P, tetapi pada akhirnya mereka bisa menyusul Inggris dan Republik Ceska ke babak 16 besar dari Grup D. Berstatus runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia membuka penampilan di Piala Eropa kali ini dengan kekalahan tipis 0-1 kontra Inggris saat bertandang ke Wembley pada Ahad (13/6).

Sehari berselang, euforia Skotlandia kembali ke babak utama Euro setelah nyaris seperempat abad langsung dihadapkan pada kenyataan lantaran mereka dipecundangi Ceska dengan skor 0-2 di hadapan pendukungnya sendiri di Hampden Park.

Di putaran kedua Grup D, Kroasia masih terlihat lambat dan hanya memetik satu poin setelah bermain imbang 1-1 melawan Ceko di Hampden Park pada Jumat (18/6). Itu pun mereka tertinggal lebih dulu akibat gol penalti Patrik Schich yang belakangan dibalas oleh Ivan Perisic.

Namun hasil itu cukup mengembangkan harapan Kroasia untuk tetap lolos ke babak 16 besar, setidaknya lewat jalur salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup. Di pertandingan lainnya, harapan serupa juga dihidupkan oleh Skotlandia yang berhasil menahan imbang Inggris 0-0 di Wembley. Skotlandia malah patut kecewa gagal meraih tiga poin penuh karena mereka main lebih agresif di pertandingan itu.

Sebelum pertandingan putaran ketiga Grup D dimainkan, Ceska yang ada di puncak dan Inggris di posisi kedua dipastikan lolos ke babak 16 besar.Pasalnya kedua tim dipastikan paling buruk finis di posisi ketiga Grup D dan dengan raihan empat poin sudah mengungguli Finlandia dan Ukraina yang masing-masing finis di urutan ketiga Grup B dan C hanya dengan koleksi tiga poin.

Skotlandia masih bermimpi untuk menciptakan sejarah pertama kalinya lolos ke babak gugur Euro, tapi hal itu diruntuhkan oleh Kroasia yang akhirnya menampilkan performa terbaiknya sejauh ini di Piala Eropa 2020 dan meraih kemenangan 3-1 di Hampden Park, Rabu dini hari WIB.

Publik Hampden Park boleh jadi tetap kecewa karena Skotlandia sekali lagi hanya jadi pelengkap Euro, tetapi setidaknya mereka jadi saksi mata langsung gol indah yang dicetak kapten Kroasia Luka Modric. Kemenangan Kroasia dibarengi hasil lain di Wembley, di mana Raheem Sterling membawa Inggris mengalahkan Ceska 1-0.

Dengan demikian, Inggris melangkah ke 16 besar sebagai juara Grup D dengan raihan tujuh poin diikuti Kroasia selaku runner-up dan Ceska sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik. Kroasia menjadi runner-up grup karena unggul selisih gol keseluruhan dibandingkan Ceska mengingat secara head-to-head mereka impas dan sama-sama mengoleksi empat poin.

Di babak 16 besar Inggris akan bertemu runner-up Grup F yang bisa ditempati Prancis, Jerman, Portugal maupun Hungaria.Inggris sejauh ini jadi juara grup yang paling minimalis karena cuma punya tujuh poin dan baru mencetak dua gol dibandingkan Italia, Belgia dan Belanda yang semuanya memborong sembilan poin serta produktif mencetak tujuh gol atau lebih.

Sedangkan Kroasia akan menanti runner-up Grup E yang masih bisa ditempati semua tim penghuni grup tersebut yakni Swedia, Slovakia, Spanyol maupun Polandia. Dan Ceska masih menunggu semua pertandingan grup rampung untuk mengetahui siapa lawan mereka antara Belanda selaku juara Grup C atau tim lain juara Grup E.

Terkait


Pemain Kroasia Nikola Vlasic, tengah, merayakan setelah mencetak gol pembuka ke gawang kiper Skotlandia David Marshall pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Kroasia dan Skotlandia di Stadion Hampden Park di Glasgow,  Rabu (23/6) dini hari WIB.

16 Besar Euro 2020: Jadwal dan Ringkasan Pratinjau Laga

 Pelatih kepala Jerman Joachim Loew bereaksi selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 (ilustrasi)

Joachim Loew tak Khawatir Performa Jerman Lawan Inggris

 Karim Benzema dari Prancis (kanan) bereaksi dengan Cristiano Ronaldo dari Portugal selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hongaria, 23 Juni 2021.

Kata Benzema Usai Reuni dengan Ronaldo di Budapest

Pelatih kepala Prancis Didier Deschamps

Deschamps Optimistis Timnas Prancis Bakal Lebih Trengginas

Paul Pogba dari Prancis bereaksi setelah pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hongaria, 23 Juni 2021.

Pogba tak Mau Bahas Masa Depan, Enggan Dikaitkan dengan Juve

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image