Slovakia Harap Keberuntungan Lawan Spanyol demi 16 Besar

Red: Ratna Puspita

Pelatih Slovakia Stefan Tarkovic
Pelatih Slovakia Stefan Tarkovic Foto: AP /Maxim Shemetov
Meski berada di atas Spanyol dalam klasemen, Slovakia tetap tim non-unggulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Slovakia boleh jadi berada di atas Spanyol dalam klasemen Grup E Euro 2020. Namun, pelatih Slovakia Stefan Tarkovic pada Selasa (22/6) mengatakan, timnya tetap menjadi tim non-unggulan menuju laga penentuan siapa yang bakal lolos ke babak gugur

Pada saat Swedia telah lolos, Spanyol menghuni peringkat tiga dengan dua poin setelah dua hasil imbang. Slovakia mengemas tiga poin dan membutuhkan hasil imbang melawan tim yang telah tiga kali juara Piala Eropa itu pada Rabu untuk memastikan tempat ke babak 16 besar.

Baca Juga

"Dengan kualitas yang mereka miliki dan peluang yang mereka ciptakan, kami akan butuh keberuntungan untuk bertahan melawan mereka dan menetralisir serangan mereka," kata Tarkovic di Seville, Spanyol, seperti dikutip Reuters.

Kemungkinan kembalinya kapten Spanyol Sergio Busquet setelah isolasi COVID-19 akan memperbesar tantangan bagi Slovakia. "Saya antisipasi Busquet akan kembali bermain, membawa kualitas yang lebih tinggi dan ketenangan di tengah lapangan," kata Tarkovic.

Slovakia, yang mencapai babak gugur di dua Piala Eropa sebelumnya, mengalahkan Polandia di laga pembuka grup sebelum kalah atas Swedia di pertandingan di mana mereka gagal melancarkan satupun tembakan ke arah gawang. Meski sang pelatih bakal mengantisipasi dominasi penguasaan bola Spanyol, dia ingin para pemain Slovakia bertransisi dengan cepat dari bertahan ke menyerang, dan membawa bola sesering mungkin untuk memecah ritme Spanyol.

"Mereka belum pernah klinis dalam penyelesaian dan itu menciptakan tekanan bagi mereka," kata Tarkovic soal skuad Spanyol.

"Bagi saya mereka masih yang paling favorit. Mereka memiliki kualitas dan tidak ada yang berubah dari itu di dua pertandingan terakhir."

Slovakia tidak akan diperkuat oleh striker Ivan Schranz yang sedang cedera dan bek Denis Vavro, yang saat ini positif terjangkit COVID-19. Kapten tim Marek Hamsik mengatakan Slovakia akan bergantung kepada pertahanan mereka untuk lolos dan tidak akan gegabah meski Spanyol bermain lambat di awal.

"Semuanya terkejut tapi itu tidak berarti apa-apa bagi kami," kata Hamsik. 

"Jika kami ingin lolos kami harus menghasilkan sesuatu dari pertandingan ini."

Terkait


Attila Szalai (kanan) dari Hongaria beraksi melawan Danilo Pereira dari Portugal selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Hongaria dan Portugal di Budapest, Hongaria, 15 Juni 2021.

Lawan Jerman, Bek Hungaria: Seluruh Tim Bersatu

Pelatih Austria Franco Foda menginginkan pertandingan Austria vs Italia pada babak 16 besar Euro 2010 dipindahkan dari Stadion Wembely.

Pelatih Austria Ingin Laga Timnya Vs Italia tidak di Wembley

 Raheem Sterling dari Manchester City saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester City dan Manchester United di Manchester, Inggris, 07 Maret 2021.

Raheem Sterling Ogah Dibarter dengan Kane

Rafael van der Vaart saat masih memperkuat timnas Belanda.

Koke dan Sarabia Balas Ucapan Van der Vaart

Pemain Kroasia Luka Modric memeluk pelatih Zlatko Dalic setelah timnya mempecundangi Inggris 2-1 di semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki di Moskow, Rusia, Rabu (11/7) waktu setempat.

Ini Sanjungan Pelatih Kroasia buat Luka Modric

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image