Selasa 22 Jun 2021 23:29 WIB

Menkes: Vaksin Covid-19 Efektif Tangani Varian Baru

Menkes meminta masyarakat agar tak ragu untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Dwi Murdaningsih
virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, seluruh vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia efektif untuk menangani varian Covid-19, khususnya varian Delta. Ia menyebut, manfaat vaksinasi dalam mengatasi paparan virus pun sudah terbukti.

Karena itu, ia meminta masyarakat agar tak ragu untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.“Manfaat vaksinasi sudah terbukti. Mumpung sekarang vaksinnya makin banyak tersedia, masyarakat tidak usah ragu-ragu lagi untuk segera vaksinasi,” kata Menkes Budi, dikutip dari laman Setkab.

Baca Juga

Menkes pun mengimbau masyarakat agar terus disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Lebih lanjut, ia mengatakan lonjakan kasus pasca lebaran tahun ini dipicu oleh mobilitas masyarakat yang tinggi dan adanya variant of concern Covid-19 yang telah masuk ke Indonesia.

Menurutnya, varian ini pun lebih cepat menular dibandingkan varian lainnya. Karena itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak bepergian di momentum libur lainnya sehingga dapat menekan laju penularan kasus.

“Varian ini memang lebih cepat menular, tetapi cara menurunkan laju penularannya sama, yakni dengan tidak lelah, tidak bosan, dan tidak abai dengan protokol 3M," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement