Selasa 22 Jun 2021 23:00 WIB

Dinkes Malang: Penyebaran Covid-19 di Perkampungan Bertambah

Di Kota Malang, dalam sepekan terakhir tercatat ada tambahan 71 kasus baru Covid-19.

Ilustrasi Kasus Covid-19 Naik
Foto: republika/mardiah
Ilustrasi Kasus Covid-19 Naik

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Dinas Kesehatan Kota Malang menyatakan bahwa saat ini terdapat satu lagi kawasan perkampungan di Kota Malang, Jawa Timur, yang dilaporkan menjadi tempat munculnya klaster baru Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan bahwausai penanganan penyebaran Covid-19 di perkampungan di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang III, saat ini ada tambahan kasus baru di Jalan Bandulan, Gang 1F, Kecamatan Sukun.

"Klaster ini berawal dari takziyah ke Bangkalan, Madura. Kebetulan ada keluarga yang meninggal di sana, " katanya di Kota Malang,Selasa (22/6).

Husnul menjelaskan, tambahan kasus tersebut bermula pada saat ada salah seorang anggota keluarganya di Bangkalanyang meninggal dunia. Kemudian, ada kurang lebih sembilan anggota keluarga yang tinggal di Kota Malang, melakukan perjalanan ke Madura.

Usai melakukan perjalanan tersebut, lanjut Husnul, sebagian keluarga kembali ke Kota Malang, dan sebagian lainnya, masih tinggal di Bangkalan. Saat sebagian anggota keluarga tersebut kembali ke Kota Malang, ada yang merasa kurang sehat.

"Karena salah satu keluarga itu masuk dalam program pengelolaan penyakit kronis (prolanis), kemudian dirawat di salah satu rumah sakit. Dua hari kemudian, meninggal dunia, dengan hasil swab positif Covid-19," katanya.

Karena hasil swab dinyatakan positif, lanjut Husnul, Dinas Kesehatan Kota Malang melakukan pelacakan terhadap anggota keluarga lain yang sempat melakukan perjalanan bersama ke wilayah Madura.Dari anggota keluarga kontak erat yang melakukan perjalanan bersama tersebut, kata dia, enam orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. 

Dari enam orang tersebutjuga dilakukan pelacakandan didapati 33 orang telah melakukan kontak."Dari 33 orang yang dilakukan swab antigen, semuanya negatif," kata Husnul.

Di wilayah Kota Malang, dalam kurun waktu satu minggu terakhir tercatat ada tambahan 71 kasus baru Covid-19. Berdasarkan data Pemerintah Kota Malang, tercatat pada 14 Juni 2021 ada 6.835 kasus konfirmasi, dan menjadi 6.906 orang pada 21 Juni 2021.Dari total 6.906 tersebut, sebanyak 6.160 orang dilaporkan telah sembuh, 652 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement