UEFA Tolak Rencana Lampu Pelangi di Allianz Arena

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Stadion Allianz Arena, markas Jerman di Euro 2020.
Stadion Allianz Arena, markas Jerman di Euro 2020. Foto: EPA / MARC MUELLER
Rencana lampu pelangi dinyalakan sebagai bentuk dukungan terhadap LGBT di Hungaria.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- UEFA menolak rencana Kota Muenchen untuk menyalakan lampu pelangi di Allianz Arena, saat Jerman menghadapi Hungaria pada pertandingan Euro 2020, Kamis (24/6) dini hari WIB. Lampu pelangi itu dinyalakan sebagai bentuk dukungan terhadap komunitas LGBT, yang kemudian mendapat protes dari pemerintah Hungaria.

"Rasisme, homofobia, seksisme, dan segala bentuk diskriminasi adalah noda di masyarakat kita dan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi permainan hari ini," kata UEFA dalam sebuah pernyataan, Selasa (22/6) dikutip dari CNN.

Baca Juga

Namun, UEFA menegaskan posisinya sebagai lembaga yang netral terhadap politik dan agama. Sementara rencana Kota Muenchen tersebut dinilai sebagai langkah politik, terlebih mendapat protes dari pemerintah Hungaria.

"Mengingat konteks politik dari permintaan ini, sebuah pesan yang ditujukan pada keputusan yang diambil oleh parlemen nasional Hungaria, UEFA harus menolak," tegas UEFA.

Pemerintah sayap kanan Hungaria pekan lalu mengesahkan undang-undang yang melarang promosi homoseksualitas kepada anak di bawah umur. Hungaria melarang program atau materi pendidikan apa pun yang menyebutkan homoseksualitas. 

Kemarin, Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto mengkritik rencana menyalakan lampu berwarna pelangi di Allianz Arena sebagai langkah yang berbahaya.

Meski menolak permintaan untuk hari pertandingan, UEFA menyarankan tanggal alternatif rencana kota Muenchen tersebut, yakni pada 28 Juni. Waktunya bertepatan Hari Pembebasan Jalan Christopher, perayaan tahunan dan demonstrasi mendukung hak LGBT yang diadakan di berbagai kota di seluruh Eropa. 

UEFA sebelumnya memilih untuk tidak mengambil tindakan disipliner terhadap kapten Jerman Manuel Neuer karena mengenakan ban kapten berwarna pelangi. 

 

Terkait


Pemain Denmark merayakan setelah Andreas Christensen mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Rusia dan Denmark di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Senin, 21 Juni 2021.

Denmark ke 16 Besar Euro, Eriksen Beri Selamat via Instagram

Timnas Belgia.

Belgia Melenggang ke Babak 16 Besar Euro 2020

Gerard Moreno (kiri) dari Spanyol beraksi melawan Jan Bednarek (tengah) dari Polandia dalam pertandingan Euro 2020.

Van der Vaart Kritisi Permainan Timnas Spanyol di Euro 2020

Pemain Denmark merayakan setelah Andreas Christensen mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Rusia dan Denmark di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Senin, 21 Juni 2021.

Lumat Rusia, Denmark Berhasil Lolos 16 Besar

Stadion Allianz Arena, kandang Jerman di Euro 2020.

Menteri Hungaria Protes Dukungan Jerman ke LGBT di Euro

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image