Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Indramayu Darurat Nakes untuk Rawat Pasien Covid-19

Selasa 22 Jun 2021 20:25 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto

Bupati Indramayu, Nina Agustina.

Bupati Indramayu, Nina Agustina.

Foto: Istimewa
Dokter umum maupun para nakes di puskesmas akan dialihkan ke rumah sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Pemkab Indramayu akan merekrut relawan tenaga kesehatan (nakes) untuk menangani pasien Covid-19. Penambahan tempat tidur bagi pasien Covid-19 juga akan dilakukan.

"Pasti akan ada (rekrut relawan nakes). Karena kita kekurangan tenaga kesehatan dan ada beberapa nakes juga yang terpapar," kata Bupati Indramayu, Nina Agustina, saat ditemui di Pendopo Indramayu, Selasa (22/6).

Nina menyatakan, pihaknya akan segera membuka tempat-tempat perawatan bagi pasien Covid-19, seperti di RS PMC maupun Wisma Haji. Di RS PMC, akan tersedia 26 tempat tidur. Sedangkan di Wisma Haji, rencananya ditempatkan 50 tempat tidur bagi pasien Covid-19. "Itu untuk menanggulangi yang parah," ucap dia.

Selain itu, pihaknya juga mengerahkan dokter umum maupun para nakes yang ada di puskesmas untuk dialihkan ke rumah sakit. Mereka akan membantu menangani para pasien Covid-19.

Nina pun mengaku, sedih melihat peningkatan kasus Covid-19 yang terus terjadi di Kabupaten Indramayu. Dia menyatakan, upaya mengatasi Covid-19 tak bisa dilakukan oleh pemerintah sendirian tanpa ada kepedulian dan peran serta masyarakat.

"Covid-19 itu nyata. Musuh kita itu tidak kelihatan karena virus. Jadi kita tidak bisa sendiri dalam mengatasinya, harus bersama-sama," tegas Nina.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Selasa (22/6), hari ini terdapat penambahan 199 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan penambahan itu, maka total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Indramayu ada 10.147 kasus.

Dari total kasus itu, sebanyak 1.434 pasien masih dalam perawatan, 8.427 pasien sembuh dan 286 pasien meninggal dunia. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA