Selasa 22 Jun 2021 18:50 WIB

Pesan-Pesan yang Terkandung dalam Surat Al Insyirah

Pesan dalam surat Al Insyirah ini berlaku untuk kita semua dalam bekerja dan berkarya

Alquran
Foto: Reuters
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, Surat Al Insyirah merupakan bukti keabadian Allah SWT dalam menasihati Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam kala beliau ketakutan.

"Bukankan kami telah melapangkan untukmu (Nabi Muhammad SAW) dadamu (yakni hatimu)?Dan Kami telah menanggalkan darimu bebanmu yang memberatkan punggungmu. Dan Kami meninggikan bagimu sebutan (nama)mu. Maka (dengan demikian menjadi jelas pula bagimu bahwa) sesungguhnya bersama (atau sesaat sesudah) kesulitan, ada kemudahan (yang besar), sesungguhnya berasama kesulitan ada kemudahan yang besar. Maka, apabila engkau telah selesai (yakni sedang berada dalam keluangan setelah engkau sibuk) maka bekerjalah dengan sungguhh-sungguh) hingga engkau letih, dan (hanya) kepada Tuhan pemeliharamu, hendaknya engkau berharap pertolongan." (QS al Insyirah 1-8).

Baca Juga

Ada beberapa hal yang patut diketahui yang dimaksud dengan beban di sini adalah kesusahan-kesusahan yang diderita Nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan risalah. Adapun meninggikan nama Nabi Muhammad SAW maksudnya meninggikan derajat dan mengikutkan namanya dengan nama Allah dalam kalimat syahadat, menjadikan taat kepada Nabi termasuk taat kepada Allah dan lain-lain.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement