Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Adik Kim Jong-un Tolak Kemungkinan Perundingan dengan AS

Selasa 22 Jun 2021 18:30 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Yo-jong

Foto:
Kim Jong-un sempat mengatakan Korut harus siap berdialog dan konfrontasi

Dalam rapat akbar partai berkuasa Korut pekan lalu Kim Jong-un menganalisis pemerintahan Presiden Joe Biden terhadap Korut. Media pemerintah Korut melaporkan Kim Jong-un memerintahkan pejabat-pejabatnya untuk siap berdialog dan berkonfrontasi, 'terutama berkonfrontasi' untuk melindungi keamanan dan martabat bangsa.

Namun, laporan mengenai pernyataan itu tidak disertai kritik keras Kim Jong-un terhadap Washington dan Seoul. Hal itu mendorong para pengamat membuat spekulasi yang saling bertentangan.

Beberapa pakar menilai Kim Jong-un memberi sinyal ia berencana untuk lebih keras menekan AS agar Washington bersedia meringankan sanksi-sanksinya ke Pyongyang. Sementara, beberapa pengamat menilai laporan itu menandakan kemungkinan kembalinya Korut ke meja perundingan.

"Pernyataannya pada pekan ini kami anggap sebagai sinyal yang menarik, dan kami akan menunggu apakah mereka menindaklanjuti komunikasi langsung dengan kami sebagai langkah berikutnya," kata Sullivan dalam wawancaranya dengan stasiun televisi AS, ABC News. 

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA