Selasa 22 Jun 2021 20:12 WIB

Idap Kanker Prostat, 'Gunther' Ingatkan Deteksi Dini

Kanker Tyler disebabkan aspek genetik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor pemeran Gunther di sitkom Friends, James Michael Tyler, mengidap kanker prostat stadium 4.
Foto: Instagram
Aktor pemeran Gunther di sitkom Friends, James Michael Tyler, mengidap kanker prostat stadium 4.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Aktor James Michael Tyler mengisahkan perjuangan panjangnya melawan kanker prostat. Pemeran tokoh Gunther di serial sitkom Friends itu didiagnosis kanker pada September 2018, setelah melakoni pemeriksaan kesehatan tahunan.

"Saya didiagnosis menderita kanker prostat stadium lanjut yang telah menyebar ke tulang. Itu sudah sejak hampir tiga tahun terakhir dan kini masuk stadium empat. Kanker stadium akhir," ungkap Tyler di salah satu episode program televisi "The Today Show".

Ketika dinyatakan kanker, Tyler berusia 56 tahun. Profesional medis melakukan screening PSA, yang merupakan antigen spesifik prostat. Dari hasil tes, angkanya diketahui luar biasa tinggi sehingga Tyler kala itu segera menyadari ada sesuatu yang salah.

Sang dokter lantas memberitahukan Tyler mengenai kemungkinan masalah serius dengan prostatnya. Melalui pengujian, terungkap bahwa kanker Tyler disebabkan aspek genetik dan dia memulai terapi hormon rutin yang berhasil selama sekitar satu tahun.

 

Tyler minum pil di pagi dan malam hari, menjalani hidup dan fungsi tubuh yang cukup normal. Semua terasa baik-baik saja karena Tyler tidak merasakan gejala apapun. Namun, tepat sebelum pandemi, kanker menyebar dan bermutasi sehingga bagian bawah tubuhnya lumpuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement