Selasa 22 Jun 2021 16:39 WIB

Kimchi Diterjemahkan Sebagai Pao Cai, Warganet Korea Geram

Pao cai merupakan acar sayur China, sementara kimchi berasal dari Korea.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Proses pembuatan kimchi, hidangan tradisional khas Korea Selatan.
Foto: EPA
Proses pembuatan kimchi, hidangan tradisional khas Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — V Live Naver dikritik karena menerjemahkan kata "kimchi" sebagai "pao cai" dalam episode 15 Juni dari program variety BTS "Run BTS.” Di acara itu, anggota BTS dibagi menjadi dua tim dan membuat dua jenis kimchi berbeda dengan pemilik restoran Paik Jong-won.  

Setiap kali "kimchi" disebutkan dalam video, tertera "pao cai" sebagai teks bahasa Mandarinnya. Sementara itu, media China mengklaim kimchi berasal dari pao cai, terjemahan itu telah menyebabkan kehebohan di kalangan warganet Korea Selatan.

Baca Juga

“Itu membuat BTS terlihat seperti sedang mempromosikan pao cai,” komentar seorang warganet, dilansir The Korea Herald, Senin (21/6).

Pada November tahun lalu, Global Times, corong Partai Komunis China, mengklaim negara itu telah menerima sertifikasi standar industri internasional untuk membuat kimchi, yang disebutnya sebagai pao cai. Di China, acar sayur dikenal sebagai pao cai. 

Pada saat itu, Kementerian Pertanian, Pangan, dan Urusan Pedesaan Korea membantah klaim tersebut. Pemerintah Korea mengatakan, sertifikasi dari Organisasi Internasional untuk Standardisasi dengan jelas menyatakan bahwa itu tidak berlaku untuk kimchi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement