Selasa 22 Jun 2021 13:23 WIB

Menikmati Wisata Hutan Kota di 'Hari Hutan Hujan Tropis'

Hari hutan hujan tropis sedunia diperingati setiap 22 Juni.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Bagi anak muda, membuat konten dan membagikannya di media sosial termasuk cara meningkatkan kesadaran orang lain untuk menjaga hutan.
Foto: ANTARA/JESSICA HELENA WUYSANG
Bagi anak muda, membuat konten dan membagikannya di media sosial termasuk cara meningkatkan kesadaran orang lain untuk menjaga hutan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari hutan hujan tropis sedunia diperingati setiap 22 Juni. Untuk ikut merayakan hari tersebut, masyarakat bisa melakukan sejumlah hal sederhana namun sangat membantu upaya pelestarian hutan.

Ketua Umum Gerakan Hutan Itu Indonesia (HII) Rinawati Eko mengatakan semua orang dapat berkontribusi menjaga hutan. Tanpa disadari, banyak hal yang ada dalam keseharian sangat berkaitan dengan hutan.

Baca Juga

"Mulai dari yang mendasar, air bersih, udara segar, dan sumber pakan yang ditemui sehari-hari," kata Rina lewat pernyataan resminya, dikutip Selasa (22/6). Oleh sebab itu, turut menjaga hutan sangat penting. Terlebih, Indonesia memiliki hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia setelah Brasil dan Kongo.

Bagi anak muda, membuat konten dan membagikannya di media sosial termasuk cara meningkatkan kesadaran orang lain untuk menjaga hutan. Bentuknya mungkin berupa foto, video, infografis, karikatur, status bertema hutan, atau topik terkait lainnya.

Isu hutan bukan tidak mungkin dijadikan bahan obrolan tongkrongan. Misalnya, saat sedang ngopi di kafe bersama teman, membincangkan kopi dengan kualitas yang baik berasal dari pohon kopi yang ternaungi kanopi pepohonan di hutan.

"Kanopi-kanopi tersebut dijaga oleh  masyarakat setempat. Artinya, dengan minum kopi yang diusahakan oleh komunitas yang menjaga hutan tersebut, kita  ikut mendukung aksi jaga hutan," ujar Rina.

Cara lain yakni jalan-jalan ke hutan kota untuk menenangkan diri dan meredakan stres akibat rutinitas pekerjaan. Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan beberapa kota besar lainnya memiliki hutan kota, salah satunya Kebun Raya Bogor yang rindang.  

"Kebun Raya Bogor punya ribuan jenis tumbuhan, tidak terbayang kalau di hutan seluruh Indonesia, ada puluhan ribu spesies mulai dari hewan dan tumbuhan, makanya hutan Indonesia dikenal sebagai megabiodiversity," tutur Rina.

Bisa pula dengan menambah pengetahuan mengenai hutan, baik dari buku maupun internet. Generasi muda juga bisa membantu menjaga hutan dan makhluk hidup lainnya yang berhabitat di sana dengan cara berdonasi. Cara itu pun akan membantu masyarakat yang tinggal di sekitar hutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement