Selasa 22 Jun 2021 12:55 WIB

Panduan Makan Sushi yang Benar Ala Profesional

Irisan acar jahe di sajian sushi ada fungsinya, bukan sekadar hiasan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Cara tepat makan sushi berdasarkan panduan ahli (ilustrasi).
Foto: EPA
Cara tepat makan sushi berdasarkan panduan ahli (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sushi menjadi salah satu makanan favorit. Sushi bisa dinikmati untuk camilan dan makan besar, atau dikemas ke dalam kotak makan siang. 

Sushi juga umum disajikan di restoran mewah. Selama 15 tahun terakhir, para ahli sushi di restoran Jepang Nobu Melbourne telah melayani ribuan penggemar hidangan tersebut. Dalam perayaan Hari Sushi Internasional, tim Nobu membagikan cara makan sushi seperti seorang profesional, seperti dilansir di laman Good Food, baru-baru ini:

1. Sumpit, ya atau tidak? 

Sushi roll dan nigiri sushi (nasi dengan ikan) biasanya dimakan dengan tangan, sedangkan sashimi yang lembut biasanya dimakan dengan sumpit. Jangan menggosok stik secara bersamaan, karena itu dapat dianggap sebagai penghinaan dan menunjukkan kualitas sumpit buruk.

2. Bagaimana cara mencelupkan sushi?

Mencelupkan seluruh sushi ke dalam kecap asin sering menyebabkan masalah. Tidak hanya menyebabkan nasi hancur, para ahli Nobu mengatakan membasahi nasi dengan saus asin juga dapat mengganggu keseimbangan rasa yang dibuat oleh koki. Sebagai gantinya, cobalah mencelupkan sushi dengan lembut terlebih dahulu ke dalam kecap asin.

3. Secukupnya

Kecap asin menjadi bumbu yang luar biasa pada sushi, selama tidak berlebihan. Setetes kecil biasanya sudah cukup untuk makan sushi. Lebih dari itu dapat mengalahkan rasa ikan yang lembut, mengalahkan tujuan makan sushi sebenarnya.

4. Mencampur atau tidak? 

Banyak orang suka mencampur kecap dan wasabi, tetapi hal itu bisa membuat pasta berwarna kehijauan tidak menarik.  Sebagai gantinya, oleskan sedikit wasabi ke setiap bagian (jika koki belum menambahkannya), lalu celupkan ke dalam kecap.

5. Memakan sushi dalam satu gigitan

Sushi paling baik dimakan dalam satu gigitan, karena cenderung hancur jika Anda menggigitnya sebagian. Jadi, manfaatkan bentuknya yang seukuran gigitan dan nikmati setiap potongannya dalam satu suapan.

6. Fungsi irisan jahe 

Irisan tipis acar jahe yang disajikan di samping sushi bukanlah hiasan khusus atau topping tambahan. Jahe sebenarnya adalah pembersih langit-langit mulut. Saat beralih dari tuna ke salmon, misalnya, makanlah sepotong kecil jahe agar memungkinkan Anda menghargai setiap rasa yang berbeda.

7. Sushi segar adalah yang terbaik

Meskipun tergoda untuk mengambil foto hidangan cantik, jangan berlama-lama. Sushi paling enak dalam keadaan segar, yaitu saat nasi hangat dan lemak dalam ikan telah dihangatkan oleh tangan koki.

8. Urutan yang benar

Sushi harus selalu dimakan sesuai dengan suhu, tekstur, dan rasa. Mulailah dengan sashimi, sushi dengan nasi, dan akhiri dengan sup miso. Coba juga mulai dengan potongan sushi yang lebih ringan dan kecil, kemudian selesaikan dengan variasi yang lebih kompleks dan mengenyangkan.

9. Habiskan semua sushi

Menghabiskan sajian di piring adalah pujian bagi koki sushi. Jadi tidak ada salahnya makan setiap butir nasi terakhir. Koki sushi senang melihat piring kosong, artinya pengunjung benar-benar menikmati makanan mereka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement