Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Cara Tingkatkan Peluang untuk Hamil

Selasa 22 Jun 2021 11:10 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Cara tingkatkan peluang untuk hamil (ilustrasi).

Cara tingkatkan peluang untuk hamil (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Jangan biarkan stres dan kekhawatiran membuat Anda kecewa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi orang tua adalah keinginan indah bagi banyak orang. Sayangnya, jalan menuju tujuan itu terkadang bisa menjadi tantangan besar. 

Satu dari setiap enam pasangan menghadapi beberapa kesulitan untuk hamil. Faktor gaya hidup memainkan peran penting saat mencoba untuk hamil. 

Direktur Klinis di Nova IVF Fertility, Dr Sulbha Arora, mengatakan infertilitas adalah ketidakmampuan untuk hamil dalam waktu satu tahun mengupayakannya. Untuk wanita, di atas usia 35 tahun, batas ini adalah enam bulan. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan infertilitas, seperti usia, masalah hormonal, penyumbatan tuba, kelainan struktural seperti fibroid rahim, endometriosis, memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS), atau bahkan ketidakteraturan ovulasi. Menerapkan gaya hidup sehat dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Arora mengatakan, jika Anda mencoba untuk hamil, penting untuk memulai dengan membuat nutrisi sehat dan pilihan gaya hidup positif. "Tapi jangan biarkan stres dan kekhawatiran membuat Anda kecewa. Bicaralah dengan spesialis kesuburan untuk menemukan pilihan terbaik untuk Anda," kata Arora.

Berikut lima tips efektif untuk meningkatkan kesuburan dan meningkatkan peluang menjadi seorang ibu, seperti dilansir di laman Miss Malini, Selasa (22/6):

1. Manajemen stres

Berbagai penelitian telah menguraikan hubungan antara stres dan peluang seseorang untuk hamil. Sebagian wanita menjalani kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, atau konsumsi kafein berlebihan untuk mengatasi stres. Padahal, itu dapat mempengaruhi kesuburan dan sulit untuk hamil.

2. Menjaga berat badan optimal

Berat badan memainkan peran besar dalam kesuburan seseorang. Menurut penelitian, kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan dapat memengaruhi peluang untuk hamil. 

Wanita kurus dan kelebihan berat badan dapat memiliki ketidakseimbangan hormon dan kesulitan ovulasi. Mereka juga mungkin menghadapi peningkatan risiko komplikasi kehamilan. Oleh karena itu, idealnya harus menjaga berat badan yang sehat agar BMI (Indeks Massa Tubuh) Anda berada dalam kisaran normal (18,5 hingga 24,9).

3. Bergerak aktif

Olahraga juga memiliki efek antiinflamasi pada tubuh. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan adalah berolahraga setidaknya lima hari sepekan selama setidaknya setengah jam sehari. Kegiatan seperti jalan cepat, joging, lari, yoga, berenang, pilates, aerobik, dan latihan beban (fungsional) adalah pilihan yang sangat baik. 

4. Diet seimbang

Beberapa orang cenderung makan berlebihan atau mengonsumsi makanan berkalori tinggi saat stres. Akan lebih baik untuk mencoba buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian. Pastikan Anda mendapatkan semua nutrisi penting dari apa yang dimakan. Hindari makanan olahan, kalengan, gula, makanan asin, alkohol berlebihan, merokok, dan kafein berlebihan. Hal-hal ini dapat menghambat proses ovulasi dan kesehatan secara keseluruhan, baik mental maupun fisik.

5. Tidur nyenyak

Banyak studi menemukan bahwa tidur memainkan peran penting dalam hal kesuburan. Kurang tidur akan menyebabkan stres dan pilihan diet yang buruk. 

Cobalah dan tidur nyenyak minimal delapan jam setiap hari untuk meningkatkan peluang hamil. Selain itu, manfaat tidur nyenyak lebih tinggi ketika tidur lebih awal dan bangun lebih awal, dibandingkan dengan tidur larut malam dan bangun larut malam, meskipun delapan jam. Siklus melatonin berdampak tidak hanya pada berat badan dan tubuh tetapi juga kesuburan Anda. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA