Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Bintang Friends James Michael Tyler Didiagnosis Kanker

Selasa 22 Jun 2021 06:48 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

James Michael Taylor

James Michael Taylor

Foto: Youtube
James Michael Taylor didiagnosis kanker prostat stadium empat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang "Friends" James Michael Tyler telah mengungkapkan bahwa dia sedang berjuang melawan kanker prostat stadium 4. Aktor berusia 59 tahun yang terkenal karena memerankan Gunther, manajer Central Perk dan pengagum Rachel, di sitkom Friends selama 10 musim membahas diagnosisnya dalam NBC Today Show, Senin.

"Pada September 2018, saya didiagnosis menderita kanker prostat stadium lanjut, yang telah menyebar ke tulang saya," kata Tyler kepada pembawa acara Craig Melvin seperti dilansir dari CNN, Selasa (22/6).

Baca Juga

Menurut Tyler, dokter menemukan kankernya selama pemeriksaan fisik rutin ketika dia berusia 56 tahun. Dia dirawat dengan terapi hormon.

Tyler mengatakan penyakitnya mulai bermutasi selama pandemi Covid-19, menyebabkan tumor naik dan turun di tulang punggungnya. Dia tidak bisa lagi berjalan.

"Tentu saja, itu stadium 4. Kanker stadium akhir. Jadi pada akhirnya, Anda tahu, itu mungkin akan menyerang saya," kata dia.

Menurut Mayo Clinic, kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dan penyebab kematian kanker terbesar kedua untuk pria di Amerika Serikat. Sementara beberapa jenis kanker prostat tumbuh lambat dan mungkin memerlukan pengobatan minimal atau bahkan tanpa pengobatan, yang lain agresif dan dapat menyebar dengan cepat.

Sambil menahan air mata, Tyler mengatakan bahwa deteksi dini adalah kunci agar kanker prostat bisa tertangani. Kini, dia menyesal tidak mendengarkan saran istrinya untuk deteksi dini.

Tyler juga mendorong masyarakat untuk melakukan deteksi dini kanker prostat semisal dengan melakukan tes PSA (prostate-specific antigen). 

Bulan lalu, Tyler muncul melalui Zoom di acara spesial "Friends: The Reunion". Acara itu ditayangkan HBO Max dengan menampilkan para pemeran utama yakni Courteney Cox, David Schwimmer, Jennifer Aniston, Lisa Kudrow, Matt LeBlanc, dan Matthew Perry, serta tamu spesial lainnya.

Ditanya apakah para pemeran "Friends" sudah tahu tentang penyakitnya, Tyler mengatakan produser acara tersebut telah mengetahuinya sejak lama dan bahwa Schwimmer telah berkomunikasi dengannya lewat Instagram.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA