Kalahkan Finlandia 2-0, Belgia Mulus Lolos 16 Besar

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Muhammad Akbar

Leandro Trossard (kanan) dari Belgia beraksi melawan Jere Uronen dari Finlandia selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup B UEFA EURO 2020 antara Finlandia dan Belgia di St.Petersburg, Rusia, 21 Juni 2021.
Leandro Trossard (kanan) dari Belgia beraksi melawan Jere Uronen dari Finlandia selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup B UEFA EURO 2020 antara Finlandia dan Belgia di St.Petersburg, Rusia, 21 Juni 2021. Foto: EPA-EFE/Dmitry Lovetsky
Kemenangan membuat Belgia kokoh di puncak klasemen dengan sembilan poin.

REPUBLIKA.CO.ID, ST. PETERSBURG -- Belgia berhasil lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan Finlandia dengan skor 2-0 di pertandingan ketiga Grup B Euro 2020, Selasa (22/6) dini hari WIB.

Belgia yang sudah memastikan diri sejak awal tampil lebih santai di awal babak pertama. Meski memainkan Romelu Lukaku dan Eden Hazard, mereka tak buru-buru melancarkan serangan.

Pola 3-4-1-2 racikan Roberto Martinez ternyata hanya mengandalkan umpan pendek dari kaki ke kaki pemain Belgia.

Sementara Finlandia yang tampil dengan formasi 5-3-2, cenderung menunggu pemain Belgia melakukan kesalahan untuk menyusun serangan balik.

Namun, pola tersebut kurang efektif karena Belgia juga bermain hati-hati dengan penguasaan bola mencapai 60 persen. Tidak efektifnya pola Finlandia dibuktikan dari tak adanya peluang tercipta di babak pertama.

Di paruh kedua, Finlandia mencoba mencari celah di pertahanan Belgia. Joel Pohjanpalo sempat memberi ancaman ke gawang Thibaut Courtois meski dapat diselamatkan.

Belgia justru memberi kejutan lewat Romelu Lukaku di menit ke-67. Sepakannya masuk ke gawang, namun dianulir wasit karena dianggap offside.

Tak ingin menyerah, Belgia terus menggempur lini belakang Finlandia. Hasilnya, sundulan Thomas Vermaelen yang memantul ke tangan kiper Finlandia bersarang di gawangnya sendiri.

Belgia tak mengendurkan serangan. Romelu Lukaku menutup kemenangan negaranya dengan gol lewat tendangan keras di dalam kotak penalti. Skor 2-0 tak berubah hingga peluit panjang berbunyi.

Kemenangan membuat Belgia kokoh di puncak klasemen dengan sembilan poin. Finlandia yang hanya perlu menahan imbang agar bisa lolos, akhirnya gagal karena di pertandingan lain Denmark berhasil mengalahkan Rusia dengan skor 4-1.

Susunan pemain Belgia:

Courtois, Boyata, Denayer, Vermaelen, Trossard, De Bruyne, Witsel, Chadli, Hazard, Doku, Lukaku

Susunan pemain Finlandia:

Hradecky, Raitala, Toivio, Arajuuri, O'Shaun, Uronen, lod, Sparv, Kamara, Pohjanpalo, Pukki


Terkait


 Pelatih kepala Jerman Joachim Loew bereaksi selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 (ilustrasi)

Joachim Loew tak Khawatir Performa Jerman Lawan Inggris

 Karim Benzema dari Prancis (kanan) bereaksi dengan Cristiano Ronaldo dari Portugal selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hongaria, 23 Juni 2021.

Kata Benzema Usai Reuni dengan Ronaldo di Budapest

Pelatih kepala Prancis Didier Deschamps

Deschamps Optimistis Timnas Prancis Bakal Lebih Trengginas

Paul Pogba dari Prancis bereaksi setelah pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Prancis di Budapest, Hongaria, 23 Juni 2021.

Pogba tak Mau Bahas Masa Depan, Enggan Dikaitkan dengan Juve

Pelatih Prancis Raymond Domenech.

Ini Alasan Raymond Domenech Jagokan Italia Juara Euro 2020

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image