Senin 21 Jun 2021 17:27 WIB

Inilah 5 Tips Merawat Powerbank Agar Lebih Tahan Lama

Pastikan hanya menggunakan pengisi daya yang asli untuk powerbank

Powerbank.
Foto: Dok istimewa
Powerbank.

REPUBLIKA.CO.ID, Keberadaan powerbank bisa memberikan kemudahan dalam melakukan pengisian daya suatu perangkat. Namun, tidak dapat dipungkiri, menjaganya bukanlah perkara yang mudah. Anda harus memahami berbagai tips merawat powerbank secara benar. Hal ini sebagai salah satu bekal untuk menjaga powerbank Anda lebih awet dan tahan lama.

Apa saja tips merawat powerbank?

Kini, powerbank tersedia dalam berbagai tipe dan merek yang beragam. Anda pun harus lebih teliti dalam memilihnya. Selanjutnya, jangan lupa untuk merawatnya dengan benar dan tepat. Hal demikian akan membuat powerbank Anda lebih terjaga dan tahan lama. Apa saja tips merawat powerbank? Yuk, cari tahu.

1. Mengisi daya secara tepat

 

Fungsi utama powerbank adalah untuk mengisi daya. Ketika melakukannya, pastikan proses pengisian dilakukan secara tepat. Cara kerja powerbank pada dasarnya semua jenis sama, yaitu mengisi daya suatu perangkat. Namun, sebelumnya powerbank juga harus memiliki daya.

Pengisian daya suatu powerbank harus dilakukan secara tepat. Pastikan hanya menggunakan pengisi daya yang asli. Hindari menggunakan pengisi daya eksternal yang akan mudah merusak powerbank Anda. Selain itu, isi daya hingga penuh, tapi jangan sampai over, apalagi hingga powerbank dicas semalaman.

2. Kompatibel dengan perangkat yang digunakan

Selanjutnya, pastikan powerbank yang digunakan kompatibel dengan perangkat Anda. Setiap powerbank memiliki syarat-syarat yang berbeda perihal pengisian daya suatu perangkat. Hindari menggunakan powerbank yang sifatnya berlawanan dengan perangkat yang akan digunakan. Hal demikian patut untuk diperhatikan, sehingga powerbank Anda pun akan lebih terjaga.

3. Penyimpanan yang tepat

Tips merawat powerbank lainnya yaitu menyimpannya di tempat yang tepat. Cobalah untuk menyimpan powerbank di tempat yang sejuk. sebaliknya, hindari untuk menyimpannya di tempat bersuhu panas. Terutama ketika powerbank sedang digunakan, jauhi area tempat yang panas.

Hal ini patut untuk diperhatikan sebagai salah satu cara membuat powerbank tahan lama. Disimpan di tempat yang panas akan memperburuk baterai serta powerbank akan lebih kusam. Jadi, simpanlah di tempat yang sejuk.

4. Hindari penggunaan smartphone ketika mengisi daya

Ketika Anda menggunakan powerbank untuk mengisi daya smartphone, pastikan untuk tidak memainkannya. Bermain smartphone sambil mengisi daya via powerbank akan merusak dua perangkat tersebut. Selain itu, sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Tips merawat powerbank yang satu ini patut untuk Anda perhatikan.

5. Hindari menjatuhkan powerbank

Kerusakan pada fisik adalah salah satu hal yang mudah terjadi. Namun hal ini bisa diatasi dengan sikap yang lebih hati-hati. Pastikan Anda menjaga powerbank dengan baik, sehingga terhindar dari benturan dan semacamnya. Meskipun berbagai jenis powerbank didesain dengan body yang kuat, tetapi jika benturannya keras akan berdampak buruk pada bagian fisiknya.

Nah, itulah beberapa tips merawat powerbank yang perlu Anda pahami sebaik mungkin. Pastikan untuk menjaganya dengan baik, sehingga lebih tahan lama untuk digunakan. Kabar gembira untuk Anda yang berencana membeli powerbank, karena Shopee sedang melangsungkan penawaran promo menarik.

Adapun promo menarik yang disuguhkan yaitu Mega Elektronik Sale merupakan penawaran menarik untuk Anda yang ingin berbelanja elektronik, seperti powerbank dan berbagai keperluan rumah. Promo ini berlangsung tanggal 25-27 setiap bulannya, dengan penawaran utama:

● Gratis Ongkir XTRA

● Garansi 100 persen ORI

● Ekstra Cashback 50 persen

Anda juga bisa memanfaatkan promo ShopeePay Mantul Sale, sebuah promo yang diadakan pada tanggal 25-27 setiap bulan, sepanjang tahun. Penawaran utama promo ini yaitu Late Night Sale di tanggal 15, Gratis Ongkir Rp0, ShopeePay Deals Rp1, dan Flash Sale Serba Seribu!

Bagaimana? Tertarik menikmati penawaran promo menarik ini? Jangan sampai ketinggalan, ya! Pastikan setting alarm di smartphone Anda, ya! Selamat berbelanja dengan pengalaman promo yang mengesankan!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement