Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Gowes ke Kantor, Anies Ajak Masyarakat Gunakan Sepeda

Senin 21 Jun 2021 15:14 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Bilal Ramadhan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri depan) bersepeda saat berangkat kerja menuju kantornya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri depan) bersepeda saat berangkat kerja menuju kantornya.

Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Anies kembali menyinggung mengenai penggunaan sepeda sebagai alat transportasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan pagi ini, Senin (21/6) berangkat kerja dari rumahnya menuju Balai Kota Jakarta dengan mengayuh sepeda. Aktivitas itu Anies bagikan melalui sebuah video yang ia unggah pada akun Instagram miliknya, @aniesbaswedan.

"Alhamdulillah, sepeda pagi hari ini lancar, udaranya juga cerah," kata Anies seperti dikutip dalam video tersebut, Senin.

Dalam video itu, Anies kembali menyinggung mengenai penggunaan sepeda sebagai alat transportasi. Ia menjelaskan, hal inilah yang menjadi dasar Pemprov DKI membangun jalur sepeda permanen di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Sehingga dapat mendorong masyarakat menggunakan sepeda jadi alat transportasi dalam beraktivitas.

"Bersepeda itu sesungguhnya lebih dari sekadar berolahraga. Ini bisa jadi alat transportasi. Jadi, ketika kita membangun jalur sepeda ini pun adalah jalur sepeda untuk kegiatan transportasi, bukan sebagai kegiatan sport (olahraga)," jelas dia.

Selain itu, Anies menuturkan, pembuatan jalur sepeda tersebut pun bertujuan untuk membuat para pesepeda dan pengguna jalan lainnya merasa aman saat melintas di jalan protokol. Sebab, menurut dia, saat ini masyarakat di Ibu Kota yang menggunakan sepeda untuk berangkat kerja maupun beraktivitas semakin banyak.

"Makin hari makin banyak yang berangkat dengan sepeda. Dan jalur sepeda pun dirapikan, buat tertib, sehingga semua bisa merasakan dengan aman jalur ini," ujarnya.

Anies juga menilai, kecepatan bersepeda sebagai kegiatan transportasi tidak perlu ngebut dan bisa rileks dibandingkan saat digunakan sebagai alat olahraga. Ia menyebut, sepeda sebagai transportasi, seperti halnya berjalan kaki. Namun, laju sepeda lebih cepat dan lebih efisisien.

Oleh karena itu, Anies pun mengajak masyarakat agar dapat beraktivitas dengan menggunakan sepeda. Sehingga turut mampu menjadikan udara di Jakarta lebih bersih dan segar.

"Jika kita yang saat ini sudah banyak beraktivitas pakai kendaraan umum, menggunakan sepeda, jalan kaki, yuk kita semakin kampanyekan. InsyaAllah Jakarta menjadi kota yang terus menerus langitnya biru, seperti sekarang ini. Rasanya enak betul," tutur Anies.

"Buat yang selama ini belum sehari-hari bersepeda, saya ingin anjurkan, kita pakai sepeda untuk kegiatan-kegiatan yang jarak dekat. Kalaupun ke kantor masih jauh, okelah pakai kendaraan bermotor atau kendaraan umum, tapi parkir saja sepeda di tempat kerja. Kalau perlu-perlu pergi yang dekat, bisa pakai sepeda," tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA