Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Rencana Integrasi ASEAN Terpengaruh Pandemi Covid-19

Senin 21 Jun 2021 12:51 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Fuji Pratiwi

Logo Asean. Pandemi Covid-19 dinilai memberikan dampak signifikan terhadap rencana integrasi ASEAN.

Logo Asean. Pandemi Covid-19 dinilai memberikan dampak signifikan terhadap rencana integrasi ASEAN.

Foto: Antara
Pandemi membawa efek detrimental signifikan bagi kawasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 memberikan dampak signifikan terhadap rencana integrasi ASEAN. Untuk itu, dalam menyusun rencana kerja inisiatif integrasi (2021-2025), Sekretariat ASEAN ikut menitikberatkan efek pandemi. 

"Pandemi membawa efek detrimental signifikan di kawasan sehingga memang rencana kerja yang disiapkan harus merespons efek tersebut," kata Senior Officer Divisi Inisiatif untuk Integrasi ASEAN dan Pengurangan Gap Pembangunan pada Sekretariat ASEAN, Intani Kusuma.

Intani menyampaikan hal tersebut saat mengisi kuliah tamu secara virtual yang diselenggarakan Paramadina Graduate School of Diplomacy (PGSD), Universitas Paramadina, Jakarta, akhir pekan lalu. Acara bertajuk "ASEAN's Efforts in Narrowing Development Gap Among ASEAN Member Countries".

Menurut Intani, selama ini ASEAN telah tumbuh sebagai kekuatan ekonomi nomor lima di dunia. Karena itu, Sekretariat ASEAN memperbanyak inisiatif baru dalam merespons dampak pandemi. 

Dalam bidang layanan kesehatan, misalnya, ada pemberian dukungan teknis dan peningkatan kapasitas di kawasan pedesaan. Terutama bagi warga pedesaan yang ada di negara Kamboja, Laos, Vietnam, dan Myanmar. 

Desain proyek yang disiapkan bertujuan menunjang pengurangan kesenjangan pembangunan dan selalu merujuk kesepakatan para pemimpin negara anggota ASEAN. "Adopsi digital untuk keamanan kesehatan termasuk juga asistensi pembangunan kerangka nasional kesehatan terutama urusan malnutrisi mendapat atensi tersendiri," ujar Intani.

 

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA