Vs Belgia, Pelatih Finlandia: Kami Punya Peluang Juara Grup

Red: Muhammad Akbar

Manajer Finlandia Markku Kanerva memberi isyarat setelah pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Rusia dan Finlandia di stadion arena Gazprom di St. Petersburg, Rusia, Rabu (16/6)..
Manajer Finlandia Markku Kanerva memberi isyarat setelah pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Rusia dan Finlandia di stadion arena Gazprom di St. Petersburg, Rusia, Rabu (16/6).. Foto: AP/Anton Vaganov
Hasil imbang mungkin cukup bagi kami untuk lolos

REPUBLIKA.CO.ID, SAINT PETERSBURG -- Tim nasional Finlandia berharap bisa menciptakan kejutan kontra Belgia saat kedua tim melakoni laga pemungkas Grup B Euro 2020 di Saint Petersburg, Rusia, Selasa (22/6) dini hari WIB.

Pelatih kepala Finlandia Markku Kanerva mengakui bahwa ada jurang yang besar antara timnya dengan Belgia, yang saat ini berstatus sebagai tim peringkat pertama dunia menurut FIFA.

Namun, ia berharap bisa mengulangi raihan positif saat masa-masa awal pekerjaannya sebagai pelatih Finlandia dengan menahan imbang Belgia 1-1 pada 1 Juni 2016 dalam sebuah laga persahabatan.

Terlebih hasil imbang itu kemungkinan akan cukup bagi Finlandia untuk lolos ke babak 16 besar, baik sebagai runner-up Grup B maupun salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik turnamen.

"Hasil imbang mungkin cukup bagi kami untuk lolos," kata Kanerva dilansir Reuters, Senin (21/6).

"Saat saya memulai menjadi pelatih kepala di Finlandia, salah satu pertandingan awal adalah laga persahabatan melawan Belgia dan kami meraih hasil imbang," ujarnya menambahkan.

Bahkan jika mampu menciptakan kejutan lebih besar dengan mengalahkan Belgia, Finlandia bisa merebut status juara Grup B.

"Kami masih punya peluang memenangi grup ini, penentuannya ada di tangan kami," ujar Kanerva.

"Yang terpenting adalah kami tetap fokus atas hal-hal yang bisa kami kendalikan, permainan kami sendiri," katanya melengkapi.

Hasil mengejutkan melawan tim-tim besar bukanlah sesuatu yang jarang diraih Finlandia, mengingat mereka juga pernah mengalahkan Prancis --yang berstatus juara Piala Dunia 2018-- dengan skor 2-0 dalam pertandingan persahabatan November tahun lalu.

"Sekarang kami menghadapi tim peringkat satu dunia, pengalaman melawan Prancis memberi gambaran bagaimana cara mengalahkan tim-tim besar," tutup Kanerva.

Terkait


Pemain Italia Federico Chiesa menendang bola melewati  pemain Wales Joe Allen pada pertandingan grup A Euro 2020 antara Italia dan Wales, di stadion Olimpiade Roma, Ahad (20/6).

Kalahkan Wales, Italia Lolos ke 16 Bersama Wales

 Kevin De Bruyne (kiri) dari Belgia bereaksi setelah mencetak keunggulan 2-1 selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup B UEFA EURO 2020 antara Denmark dan Belgia di Kopenhagen, Denmark, 17 Juni 2021.

Trio Belgia Ini Akan Jadi Starter Saat Lawan Finlandia

Penyerang Napoli Lorenzo Insigne melakukan selebrasi setelah mencetak gol selama pertandingan sepak bola Serie A Italia antara ACF Fiorentina dan SSC Napoli di stadion Artemio Franchi di Florence, Italia, 16 Mei 2021

Barcelona Pantau Situasi Kontrak Insigne di Napoli

Manajer Inggris Gareth Southgate berjalan keluar dari lapangan sebelum pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia, di stadion Wembley, di London, Sabtu (19/6) dini hari WIB.

Southgate Ingin Pemain Inggris Tampil Bagus, Ini Caranya

Raheem Sterling (kiri) dari Inggris merayakan dengan rekan setimnya Mason Mount setelah mencetak gol 1-0 selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup D UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Kroasia di London, Inggris, 13 Juni 20

Mason Mount Minta Rekannya Abaikan Cemooh Suporter Inggris

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image