Southgate Tegaskan Harry Kane Siap Tampil Lawan Ceska

Red: Muhammad Akbar

Reaksi manajer Inggris Gareth Southgate selama pertandingan sepak bola UEFA Nations League antara Inggris dan Islandia di Wembley di London, Inggris, 18 November 2020.
Reaksi manajer Inggris Gareth Southgate selama pertandingan sepak bola UEFA Nations League antara Inggris dan Islandia di Wembley di London, Inggris, 18 November 2020. Foto: EPA-EFE/Ian Walton / POOL
Kane tidak tampil 90 menit penuh dalam laga kontra Kroasia maupun Skotlandia

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Gareth Southgate memastikan kapten tim nasional Inggris Harry Kane akan tetap bermain melawan Republik Ceko dalam laga pemungkas Grup D Euro 2020 di Wembley, London, Selasa (23/6).

Pernyataan itu menjadi langkah yang tidak biasa bagi Southgate, terlebih Kane belakangan ini mendapat kritik deras karena dinilai tidak tampil baik saat Inggris mengalahkan Kroasia 1-0 dan ditahan imbang 0-0 oleh Skotlandia.

"Anda bisa berasumsi demikian. Tentu saja, saya tidak peduli membocorkan ini," kata Southgate kepada ITV saat ditanya apakah Kane akan main lawan Ceko, demikian dilansir Reuters, Senin (21/6).

Kane tidak tampil 90 menit penuh dalam laga kontra Kroasia maupun Skotlandia, tetapi Soutgate menegaskan bahwa langkah itu ditempuhnya bukan karena performa sang kapten, tetapi alasan-alasan lain.

"Di satu pertandingan kami sudah unggul dan butuh tenaga segar untuk tetap bisa menekan, menjaga keunggulan dan secara rasional tidak butuh gol tambahan," kata Southgate merujuk pertandingan kontra Kroasia.

"Di Piala Dunia 2018, kami berakhir terlalu banyak memainkan Harry dan seharusnya bisa mengelola kebugarannya lebih baik lagi sekarang.

"Kami punya banyak pilihan bagus di bangku cadangan, tapi dia adalah pemain terpenting kami, tidak ada keraguan soal itu. Anda hanya perlu melihat rekor golnya bersama kami untuk melihat perannya di tim ini.

"Dia sangat penting, bukan hanya golnya, tetapi juga perannya membantu membangun serangan serta hal-hal lain yang dibawanya ke tim ini," ujar Southgate panjang lebar.

Southgate mengakui bahwa ia sadar Kane saat ini tengah dihujani gelombang kritik yang deras, tapi meyakini penyerang Tottenham Hotspur itu bakal menjawabnya dengan gol-gol penting.

"Saya tahu ada banyak pertanyaan tentang dia saat ini, tapi hal itu sudah dialaminya 100 kali," katanya.

"Saya punya jawaban bahwa di posisi ini hal itu wajar dan dia menjawabnya dengan gol-gol yang membuat kami memenangi laga-laga selanjutnya dan saya berharap hal yang sama," tutup Southgate.

Inggris di atas kertas hanya butuh hasil imbang kontra Ceko untuk bisa lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D.

Terkait


 Raheem Sterling dari Manchester City saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester City dan Manchester United di Manchester, Inggris, 07 Maret 2021.

Raheem Sterling Ogah Dibarter dengan Kane

Rafael van der Vaart saat masih memperkuat timnas Belanda.

Koke dan Sarabia Balas Ucapan Van der Vaart

Pemain Kroasia Luka Modric memeluk pelatih Zlatko Dalic setelah timnya mempecundangi Inggris 2-1 di semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki di Moskow, Rusia, Rabu (11/7) waktu setempat.

Ini Sanjung Pelatih Kroasia buat Luka Modric

Pemain Inggris Harry Kane dan Bukayo Saka merayakan gol pembuka timnya, pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Republik Ceko dan Inggris, di stadion Wembley di London,  Rabu (23/6) dini hari WIB.

Neville: Southgate Kesulitan Pilih Striker untuk 16 Besar

Kylian Mbappe dari Prancis merayakan setelah mencetak keunggulan 1-0 selama pertandingan sepak bola Persahabatan Internasional antara Prancis dan Wales di Nice, Prancis, 02 Juni 2021.

Kylian Mbappe Kirim Sinyal Hengkang dari PSG Musim Ini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image