Turki Gagal di Euro 2020, Ini Reaksi Pelatih

Red: Muhammad Akbar

Manajer Turki Senol Gunes menyaksikan timnya saat pertandingan grup A kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Turki di Stadion Olimpiade Baku di Baku, Azerbaijan, Ahad (20/6).
Manajer Turki Senol Gunes menyaksikan timnya saat pertandingan grup A kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Turki di Stadion Olimpiade Baku di Baku, Azerbaijan, Ahad (20/6). Foto: Ozan Kose/Pool via AP
Gunes menyatakan tidak terbersit rencana mundur sebagai pelatih timnas Turki

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU -- Pelatih tim nasional Turki Senol Gunes menyatakan tidak akan mundur dari jabatannya walau Pasukan Bulan Sabit Bintang itu gagal total dalam Euro 2020.

Kiprah Turki terhenti di babak penyisihan grup setelah kalah 1-3 dari Swiss dalam laga pamungkas di Baku, Azerbaijan, Senin (21/6) dini hari WIB, membuat mereka berakhir tanpa meraih satu poin pun di dasar klasemen akhir Grup A.

Kendati mengaku bertanggung jawab atas hasil buruk Euro 2020, Gunes menyatakan tidak terbersit rencana mundur sembari menyalahkan banyak hal atas penampilan Turki, termasuk media.

"Saya bertanggung jawab atas ini. Saya tidak terpikirkan untuk mundur, kegagalan ini harus dibayar, tapi media juga bertanggung jawab, demikian juga manajemen serta tim kepelatihan," ujar Gunes selepas laga dilansir Reuters.

"Para pemain dan kesalahan individual juga bertanggung jawab. Sebelum turnamen kami diharapkan tampil di final dan sekarang kami dikritik begitu pedas," ujarnya menambahkan.

Gunes bahkan dengan percaya diri menyatakan bahwa tim Turki saat ini bakal punya pondasi kuat untuk meraih kesuksesan dalam satu dasawarsa ke depan.

"Tim muda ini akan memperlihatkan capaiannya dalam 10 tahun ke depan untuk sepak bola Turki, tapi kami paham bahwa performa sepanjang turnamen ini sangat tidak bisa diterima," ujarnya.

"Ini ujian besar bagi kami, tapi terkadang kegagalan menghadirkan lebih banyak pengalaman ketimbang kesuksesan," tutup Gunes.

Sejak 2019 Gunes memulai tenor kepelatihannya di timnas Turki, mengikuti tenor pertamanya pada 2000-2004.

Gunes merupakan sosok yang bertanggung jawab membawa Turki menempati peringkat ketiga dalam Piala Dunia 2002 dan hal itu membuatnya dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik UEFA 2002.

Namun, Gunes didepak oleh federasi sepak bola Turki, TFF, dari kursi pelatih timnas menyusul kegagalan lolos ke babak utama Euro 2004.

Terkait


 Pemain timnas Belanda akan menghadapi Makedonia Utara di Johan Cruyff Arena, Senin (21/6) pukul 23.00 WIB.

9 Fakta Angka Jelang Laga Belanda Vs Makedonia Utara

Pemain Italia Federico Chiesa menendang bola melewati  pemain Wales Joe Allen pada pertandingan Grup A Euro 2020.

Chiesa Bangga Terpilih Jadi Pemain Terbaik Lawan Wales

Pemain Italia Federico Chiesa menendang bola melewati  pemain Wales Joe Allen pada pertandingan grup A Euro 2020 antara Italia dan Wales, di stadion Olimpiade Roma, Ahad (20/6).

Kalahkan Wales, Italia Lolos ke 16 Bersama Wales

 Kevin De Bruyne (kiri) dari Belgia bereaksi setelah mencetak keunggulan 2-1 selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup B UEFA EURO 2020 antara Denmark dan Belgia di Kopenhagen, Denmark, 17 Juni 2021.

Trio Belgia Ini Akan Jadi Starter Saat Lawan Finlandia

Penyerang Napoli Lorenzo Insigne melakukan selebrasi setelah mencetak gol selama pertandingan sepak bola Serie A Italia antara ACF Fiorentina dan SSC Napoli di stadion Artemio Franchi di Florence, Italia, 16 Mei 2021

Barcelona Pantau Situasi Kontrak Insigne di Napoli

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image