Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Ajakan Asteriska Barasuara untuk Peduli Bumi

Senin 21 Jun 2021 01:15 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Muhammad Fakhruddin

Penyanyi dan pencipta lagu Asteriska mengungkapkan kecintaan terhadap Bumi melalui lagu terbaru berjudul bu Pertiwi.

Penyanyi dan pencipta lagu Asteriska mengungkapkan kecintaan terhadap Bumi melalui lagu terbaru berjudul bu Pertiwi.

Foto: Dok Asteriska
Nuansa lagu terdengar sedih sekaligus penuh harapan.

REPUBLIKA.CO.ID,Ajakan Asteriska "Barasuara" untuk Peduli Bumi (foto ada)

 

JAKARTA -- Penyanyi dan pencipta lagu Asteriska mengungkapkan kecintaannya terhadap Bumi melalui karya terbaru berjudul "Ibu Pertiwi". Tembang itu merupakan single pertama dari album mini Rumah Kita.

Berisi empat lagu bertema alam, Rumah Kita bakal resmi diluncurkan pada 2 Juli mendatang. Khusus untuk lagu "Ibu Pertiwi", diciptakan Asteriska setelah berangkat ke Muara Gembong di pesisir Jawa Barat pada akhir 2020.

Personel grup musik Barasuara itu pergi ke sana bersama Greenpeace dan Watchdoc. Tujuan perjalanan adalah menggarap proyek video "Tenggelam dalam Diam", mendokumentasikan dampak abrasi terhadap wilayah Muara Gembong.

Nasib warga di sana yang hanya bisa pasrah menyaksikan rumah mereka tenggelam membuat Asteriska tersentuh sehingga lahirlah lagu "Ibu Pertiwi". Nuansa lagu terdengar sedih sekaligus penuh harapan.  

"Mudah-mudahan laguku dapat membuat pendengar merasa lebih dekat dengan alam dan terus mengingatkan betapa pentingnya untuk menjaganya," kata Asteriska lewat pernyataan resmi yang diterima Republika.co.id.

Liriknya yang lembut sekaligus lugas juga akan memicu kontemplasi pendengar mengenai pentingnya menjaga alam. Karya direkam bersama produser dan arranger Andreas Arianto yang juga bermain piano.

Berbarengan dengan dirilisnya "Ibu Pertiwi" pada 18 Juni silam, Asteriska turut menggalang dana melalui kampanye "Lindungi Bumi, Rumah Kita". Penghimpunan donasi dilakukan lewat situs penggalangan dana Kitabisa.com.

Sang musisi melibatkan dua LSM dalam kampanye, yakni North Bali Reef Conservation dan Lindungi Hutan. "Sedikit demi sedikit, kita bisa membuat perubahan dengan melestarikan alam sekitar, dunia dan rumah kita," ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA