Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Mahasiswa Fasilkom UMB Lahirkan 148 Aplikasi Multiplatform

Ahad 20 Jun 2021 19:16 WIB

Red: Heri ruslan

 Program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (Fasilkom UMB) menggelar acara Pameran Hasil Karya Mahasiswa (PHKM) ke-14 pada Jummat hingga Sabtu (18-19/6) secara daring.

Program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (Fasilkom UMB) menggelar acara Pameran Hasil Karya Mahasiswa (PHKM) ke-14 pada Jummat hingga Sabtu (18-19/6) secara daring.

Foto: dok UMB
Para mahasiswa dan dosen didorong untuk melahirkan inovasi yang bermanfaat.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --  Kolaborasi antara mahasiswa dan dosen program studi Teknik Informatika  dan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (Fasilkom UMB) melahirkan inovasi berupa 148 karya aplikasi multiplatform. Ke-148 inovasi tersebut ditampilkan dalam acara Pameran Hasil Karya Mahasiswa (PHKM) ke-14.

PHKM yang digelar secara daring melalui aplikasi Zoom itu digelar pada Jumat hingga Sabtu (18-19/6) lalu.  Pameran yang mengusung tema “Getting Strong and Creative in Pandemic Era with Information Technology” itu dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mercu Buana,  Dr Harwi Karya MT.

“Tema tersebut diangkat karena memiliki arti di era pandemi ini, kita jangan sampai diam begitu saja dan tidak melakukan hal yang positif,” ujar Ketua Panitia PHKM ke 14 di Semester Genap 2020-2021, Dwiki Jatikusumo MKom dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (20/6).

Menurut dia, pada masa pandemic Covid-19 ini, Fakultas Ilmu Komputer UMB mendorong para mahasiswa dan dosen untuk kontribusi lebih produktif dengan menghasilkan inovasi dan karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Inovasi yang dihasilkan itu berupa aplikasi multiplatform itu menggunakan Teknologi Informasi yang semakin canggih dan dapat digunakan sebaik-baiknya. 

Gelaran PHKM pada hari pertama disemarakkan dengan penjurian atas karya para mahasiswa dan dosen tersebut. Penjurian untuk para finalis itu, menurut Dwiki, melibatkan juri eksternal seperti;  Dwi Prastya Baskorom dari PT Sinergi Digital Teknologi, Hanggardhono Tunjunt Mahapari dan Rudi Sutomo dari PT SINTESIS.

Hasil seleksi dan penjurian pada hari pertama meloloskan 10 finalis dari prodi TI dan prodi SI.  Total ada 20 finalis yang kemudian ditetapkan sebagai Aplikasi Terbaik Juara 1, 2, 3, dan Terfavorit, dan Poster Terbaik Juara 1, 2, 3 dan Terfavorit di masing-masing Prodi Teknik Informatika dan Prodi Sistem Informasi. 

Dwiki berharap ke-148 Aplikasi Multiplatform yang dihasilkan para mahasiswa dan dosen itu dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat luas. “Dan tentu kita harapkan bisa dijadikan bibit tim kelompok kewirausahaan yang menjadikan peluang usaha setelah lulus dari Universitas Mercu Buana,” kata dia.

 

sumber : Siaran Pers
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA