Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

5 Hal yang tak Boleh Dilakukan Lansia Demi Kesehatan

Ahad 20 Jun 2021 11:35 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Para ahli mengatakan, lansia harus menghindari kebiasaan buruk yang umum dilakukan tetapi sering kali saran ini diabaikan.

Foto:
Menjaga kesehatan lansia memang sedikit lebih rumit.

4. Tidak ke dokter gigi

Penyakit periodontal, yang memengaruhi tulang dan gusi di sekitar gigi adalah kondisi yang meningkat setelah usia 50 tahun. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan kehilangan gigi. 

Terlebih lagi, penelitian telah menghubungkan penyakit periodontal dengan masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Temui dokter gigi secara teratur, dan pastikan mereka mengukur gusi Anda dan meninjau sinar-X Anda untuk tanda-tanda pengeroposan tulang.

5. Mengabaikan kesehatan mental

Masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi dapat muncul seiring bertambahnya usia, bahkan pada orang yang tidak pernah mengalaminya di masa mudanya. Tanda-tandanya bisa tidak kentara. Jika Anda mengalami peningkatan iritabilitas, kelelahan, atau gangguan tidur, bicarakan dengan dokter Anda.

Dan pastikan untuk menyediakan waktu untuk tertawa, karena ini memiliki manfaat kesehatan yang dapat dibuktikan. Tertawa dapat meningkatkan asupan udara yang kaya oksigen, merangsang jantung, paru-paru, dan otot Anda, dan meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak Anda

Tertawa juga dapat merangsang sirkulasi dan membantu relaksasi otot, yang keduanya dapat membantu mengurangi beberapa gejala fisik stres. Tertawa juga telah terbukti memperkuat sistem kekebalan Anda, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan suasana hati Anda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA