Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wahyu Puspita Sari

Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Eduaksi | Saturday, 19 Jun 2021, 22:40 WIB

Mewabahnya pandemi Covid-19 menjadikan adanya pergeseran sistem pembelajaran di sekolah. Guna meminimalisir risiko penularan virus Covid-19, pemerintah membuat kebijakan untuk tidak melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Kegiatan belajar mengajar yang semula dilakukan langsung, kini harus dilakukan secara jarak jauh melalui pembelajaran online atau daring. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini mau tidak mau harus diterapkan agar pembelajaran bisa tetap berjalan. Guru biasanya memanfaatkan aplikasi whatsApp, zoom meeting, google classroom, maupun google meet untuk memaparkan materi pembelajaran dan berkomunikasi dengan siswa.

Perlu adanya sebuah media agar materi pembelajaran bisa tersampaikan dengan baik walaupun tidak diajarkan secara langsung. Penggunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran akan memudahkan dan membuat penyampaian materi lebih efektif. Media pembelajaran juga dapat meningkatkan daya tarik siswa sekaligus dapat mempermudah siswa dalam memahami pelajaran. Penggunaan media pembelajaran dalam suatu pembelajaran sangan membantu dalam mencapai keefektifan proses pembelajaran dan guru dapat dengan mudah menyampaikan pesan materi yang ingin disampaikan. Selain itu media pembelajaran juga dapat membuat motivasi belajar siswa meningkat.

Salah satu media yang dapat digunakan untuk membantu terlaksananya pembelajaran jarak jauh adalah media pembelajaran audio visual, salah satu contohnya adalah video. Dalam kondisi saat ini dengan maraknya Covid-19 yang proses belajar mengajarnya dilaksanakan secara daring atau online, oleh karenanya media audio visual tentunya sangat tepat dan penting digunakan pada masa ini. Siswa pada kalangan Sekolah Dasar merupakan kalangan anak yang terbilang dalam usia masih berkembang dan tahap berpikirnya masih pada tahap operasional konkret. Pada usia ini siswa cenderung lebih suka bermain daripada belajar, terlebih dalam keadaan sulit seperti ini dimana proses pembelajarannya pun dilakukan secara daring di rumah.

Adanya media pembelajaran audio visual, dapat menjadi alternatif untuk menunjang terlaksananya pembelajaran jarak jauh. Media audio visual dapat dapat mengemas materi dengan baik sehingga isi dari mata pelajaran tersebut dapat tersampaikan kepada siswa. Dengan dikemas sebaik dan semenarik mungkin, siswa akan lebih mudah memahami pelajaran, dan juga tidak begitu jenuh menghadapi pembelajaran jarak jauh. Sehingga materi pembelajaran dapat dijelaskan dengan rinci, meskipun guru dan siswa tidak dapat bertatap muka secara langsung.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image