Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Freeport Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19 kepada Karyawan

Ahad 20 Jun 2021 02:30 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Ribuan karyawan PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana, Timika, Papua (ilustrasi)

Ribuan karyawan PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana, Timika, Papua (ilustrasi)

Foto: Antara/Spedy Paereng
Vaksinasi sudah mulai berlangsung baik bagi karyawandi Jakarta maupun di Mimika Papua

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- PT Freeport Indonesia mulai melakukan program vaksinasi Covid-19 kepada para karyawan, baik yang berkantor di Jakarta maupun di area pertambangan di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Manajer External Corporate Communications PT Freeport Indonesia Kerry Yarangga di Timika, Sabtu (19/6) mengatakan vaksinasi Covid-19 bagi karyawan PT Freeport Indonesia dan seluruh karyawan perusahaan subkontraktornya sebagai bagian dari program vaksinasi gotong royong dicanangkan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas di Jakarta pada Kamis (17/6).

"Dalam beberapa hari ini sudah mulai berlangsung baik bagi karyawan yang ada di Jakarta maupun karyawan yang ada di Tembagapura, Mimika. Vaksin yang digunakan yaitu jenis Sinopharm," kata dia.

Baca Juga

Melalui kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, juga telah dilakukan pemberian vaksin Covid-19 bagi karyawan PT Freeport Indonesia, perusahaan privatisasi dan kontraktor sebanyak 4.800 dosis Vaksin Sinovac. Pada tahap pertama ini, PT Freeport Indonesia telah mendapatkan komitmen dari pemerintah untuk pengadaan vaksin gotong royong sebanyak 11 ribu dosis.

Program vaksinasi gotong royong dicanangkan oleh Presiden Joko Widodopada 17 Mei lalu. Jauh-jauh hari sebelum pencanangan oleh Presiden Jokowi itu, Freeport sudah melakukan koordinasi dengan Kemenkes, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), MINDID serta PT Bio Farma di Jakarta untuk juga bisa memperoleh vaksin Covid-19.

Kemenkes rencananya meluncurkan vaksin gotong royong tahap kedua pada akhir Juni. "Kami juga akan mendapatkan alokasi pada tahap kedua itu, cuma kami belum dapat kepastian jumlah vaksinnya berapa banyak," kata VP PT Freeport Indonesia Bidang Hubungan Pemerintah Jonny Lingga.

Sesuai permohonan awal pihak Freeport kepada pemerintah, kebutuhan vaksin Covid-19 untuk seluruh karyawan maupun keluarga mereka baik yang berdomisili di area kerja di Timika, Jayapura, dan Jakarta sebanyak 75 ribu vaksin.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi karyawan PT Freeport dan perusahaan-perusahaan subkontraktornya akan ditangani oleh International ISOS yang selama ini bekerja sama menangani pelayanan kesehatan di RS Tembagapura maupun Klinik Kuala Kencana dan lainnya. Termasuk di luar Papua.Pihak ISOS International diketahui juga telah memiliki sertifikasi untuk dapat melakukan vaksinasi Covid-19.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA