Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Lukisan 'Palsu' Mona Lisa Dijual Seharga Rp 49 Miliar

Ahad 20 Jun 2021 00:15 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Andi Nur Aminah

Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci di museum Louvre, Paris, Prancis.

Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci di museum Louvre, Paris, Prancis.

Foto: EPA
Lukisan itu terjual sekitar sepuluh kali lipat dari perkiraannya.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Replika gambar Mona Lisa karya Leonardo da Vinci terjual sekitar 3,4 juta dolar atau Rp 49,2 miliar. Penjualan ini dilakukan dalam sebuah lelang di Prancis, pada Jumat waktu setempat.

Menurut laporan NHK World, lukisan itu terjual sekitar sepuluh kali lipat dari perkiraannya di lelang daring oleh Rumah Lelang Christie di Paris.

Baca Juga

Dilansir di ANI News, Sabtu (19/6), replika lukisan ini diyakini dilukis pada awal 1600-an, sekitar 100 tahun setelah gambar asli Mona Lisa, digantung di Louvre Paris. Leonardo da Vinci membuat karyanya di atas panel kayu, sedangkan replikanya di atas kanvas.

Salinan itu dijuluki "Hekking Mona Lisa", setelah kolektor seni Prancis Raymond Hekking membelinya dari toko barang antik pada 1950-an. Hekking berusaha keras untuk membuktikan bahwa lukisan yang ia punya itu sebenarnya adalah karya Leonardo yang asli.

Pierre Etienne, perwakilan dari rumah lelang, mengatakan para ahli seni global mungkin telah menilai karya Hekking bukan milik Leonardo yang asli. Tetapi, tawaran terakhir menetapkan rekor agar karya itu direproduksi.

Mona Lisa karya Leonardo da Vinci adalah salah satu karya seni yang paling terkenal di dunia. Karya ini juga salah satu yang paling banyak direplikasi dan ditafsirkan ulang.  

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA