Sabtu 19 Jun 2021 21:42 WIB

Benarkah Tinggi Badan Nabi Adam AS Capai 25 Meter Lebih?

Sebuah riwayat menyebut tinggi badan Nabi Adam mencapai 60 hasta

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Sebuah riwayat menyebut tinggi badan Nabi Adam mencapai 60 hasta. Jabal Rahmah pertemuan Nabi Adam dan Hawa
Foto: dok. Kemenag.go.id
Sebuah riwayat menyebut tinggi badan Nabi Adam mencapai 60 hasta. Jabal Rahmah pertemuan Nabi Adam dan Hawa

REPUBLIKA.CO.ID, - Seperti kisah dalam Alquran yang ada, Nabi Adam diciptakan Allah SWT dari tanah. Seperti apakah ciri-ciri fisik Nabi Adam? Benarkah panjangnya mencapai belasan meter?

Adapun ciri-ciri Nabi Adam di antaranya  memiliki tubuh setinggi 60 hasta. Hasta merupakan ukuran yang biasa digunakan oleh orang Arab. Satu hasta sama dengan 45,72 cm. Dengan demikian, 60 hasta sama dengan 27,432 meter,  sebagaimana dibuktikan dalam hadits-hadits sahih. Di antaranya adalah hadits berikut: 

Baca Juga

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ عَنْ مَعْمَرٍ عَنْ هَمَّامٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ عَلَى صُورَتِهِ طُولُهُ سِتُّونَ ذِرَاعًا فَلَمَّا خَلَقَهُ قَالَ اذْهَبْ فَسَلِّمْ عَلَى أُولَئِكَ النَّفَرِ مِنْ الْمَلَائِكَةِ جُلُوسٌ فَاسْتَمِعْ مَا يُحَيُّونَكَ فَإِنَّهَا تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ ذُرِّيَّتِكَ فَقَالَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ فَقَالُوا السَّلَامُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ فَزَادُوهُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ آدَمَ فَلَمْ يَزَلْ الْخَلْقُ يَنْقُصُ بَعْدُ حَتَّى الْآنَ

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ja'far telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq dari Ma'mar dari Hammam dari [Abu Hurairah] dari Nabi SAW beliau bersabda, "Telah Allah cipta Adam dengan semua ciri fisiknya, tingginya enam puluh hasta. Selesai Allah menciptanya, Allah berfirman, "Sana pergi, dan ucapkanlah salam kepada malaikat yang duduk itu, dan dengarkan baik-baik bacaan salam mereka kepadamu, sebab itu sebagai salam penghormatanmu dan juga anak cucu keturunanmu." 

 

Adam mengucapkan "Assalamu'alaikum". Para malaikat menjawab "Assalamu'alaika warohmatullah." Dan mereka menambahnya lagi dengan "Wabarokaatuh." Maka siapapun yang masuk surga, ciri fisiknya seperti Adam (tingginya enam puluh hasta), namun manusia semenjak jaman Adam, tingginya semakin berkurang hingga sekarang.” (HR Bukhari).    

Sementara itu, terkait penamaan Adam, bisa jadi karena beliau diciptakan dari tanah bumi, atau karena Adam berwarna, atau karena dia diciptakan dari berbagai unsur, atau karena Allah SWT menjadikannya baik dengan ruh yang dihembuskan ke dalam dirinya dan apa yang dikaruniainya berupa akal.

Adam memiliki kecerdasan yang membuatnya lebih utama daripada makhluk Allah SWT lainnya. Penciptaan Adam dilakukan pada hari Jumat.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement