Sabtu 19 Jun 2021 06:05 WIB

UNM Hadirkan BTS Khusus Untuk Mahasiswa Berprestasi

BTS khusus  diberikan kepada  mahasiswa yang punya prestasi non-akademik.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyediakan BTS (Beasiswa Tiap Semester) kepada mahsiswa yang berprestasi non-akademik tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional.
Foto: Dok UNM
Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyediakan BTS (Beasiswa Tiap Semester) kepada mahsiswa yang berprestasi non-akademik tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemahasiswaan Universitas Nusa Mandiri (UNM) membuka program beasiswa prestasi dengan tajuk ‘BTS: Beasiswa Tiap Semester’. Program BTS (Beasiswa Tiap Semester) merupakan salah satu program beasiswa yang sudah berjalan beberapa tahun ini. 

Program ini khusus untuk mahasiswa aktif UNM yang punya prestasi non-akademik baik tingkat kota/kabupaten, wilayah, provinsi, nasional maupun internasional. BTS bagi mahasiswa prestasi ini berupa potogan biaya semester untuk periode gasal 2021/2022 sebagai tanda apresiasi kampus pada mahasiswa/i yang punya prestasi. Persyaratan BTS ini memperhatikan beberapa hal yakni mahasiswa aktif UNM semester satu sampai dengan tujuh, aktif ikuti kegiatan perlombaan/kejuaraan dengan bukti berupa sertifikat/medali/piala.

Arif Hidayat selaku wakil rektor bidang non-akademik mengatakan kampus UNM punya tim khusus yang menangani tentang prestasi kejuaraan mahasiswa UNM, yaitu tim kemahasiswaan di bawah naungan bidang non-akademik. 

“Prestasi mahasiswa itu sangat memberikan kontribusi dalam kemahasiswaan, mengingat pemerintah juga sangat memperhatikan prestasi-prestasi mahasiswa di  setiap perguruan tinggi. Adanya Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan  (Simkatmawa) sebagai acuan bagi kementerian dan perguruan tinggi dalam melaksanakan pelaporan kinerja dan atau prestasi dalam bidang kemahasiswaan,” jelasnya dalam rilis, Jumat (18/6).

Ia menyebutkan rasa bangga akan perjuangan para mahasiswa dalam meraih prestasi. Oleh karena itu, kampus memberi apresiasi atas prestasi tersebut. Salah satunya yakni dengan pemberian beasiswa, BTS ini.

“Saat ini kampus UNM telah menerapkan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) Republik Indonesia. Keikutsertaan mahasiswa dalam perlombaan/kejuaraan adalah wujud dari penerapan konsep MBKM itu sendiri.,” ujarnya.

Ia menambahkan, mahasiswa bebas dan merdeka untuk menunjukkan potensi dirinya sesuai dengan bidangnya masing-masing baik tingkat kab/kota sampai dengan tingkat internasional. 

“UNM mencoba memfasilitasi dengan memberikan beasiswa prestasi non-akademik dan tentunya ini memiliki kekhususan tersendiri, sehingga perkuliahannya menjadi fleksibel mengacu pada jadwal rutinitasnya baik itu latihan ataupun pertandingan,” paparnya.

Selain itu, proses pembelajaran daring di  kampus UNM selama masa pendemi, membantu para mahasiswa agar tetap bisa berprestasi dan bisa mengikuti perkuliahan sesuai dengan jam latihan. Untuk mahasiswa yang memenuhi kualifikasi, maka dapat segara mendaftarkan diri melalui https://linktr.ee/beasiswa_prestasi_UNM paling lambat tanggal 20 Juli 2021.

Sementara itu, Rektor UNM, Dr Dwiza Riana turut menanggapi pemberian BTS untuk mahasiswa prestasi yang merupakan suatu bentuk penghargaan dari kampus UNM kepada mahasiswa yang telah menorehkan prestasi non-akademik. 

“Kami melihat perkembangan yang bagus pada mahasiswa yang berprestasi kemudian kampus berikan kesempatan untuk melanjutkan kuliah dan tetap mengembangkan  prestasinya, tetap mengembangkan keunggulannya di  bidang non-akademik, serta memberikan semangat juga contoh yang baik kepada teman-temannya untuk turut menorehkan prestasi,”, ungkapnya.

Harapannya dengan pemberian beasiswa ini bisa terus mendorong prestasi prestasi non-akademik mahasiswa.

“Selain dapat terus mengukir prestasi, mereka juga tetap bisa melanjutkan pendidikan di  tingkat perguruan tinggi, dan terus berkarya baik tingkat kab/kota sampai internasional, serta mengharumkan nama kampus tercinta UNM,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement