Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Adu Gengsi dan Prestasi, Sengitnya Derbi J League Musim Ini

Jumat 18 Jun 2021 23:11 WIB

Red: Israr Itah

Laga derbi J1 League antara Kawasaki Frontale (biru hitam) dengan FC Tokyo (putih biru).

Laga derbi J1 League antara Kawasaki Frontale (biru hitam) dengan FC Tokyo (putih biru).

Foto: Dok J league
Pada ajang J1 League musim ini, setidaknya ada delapan laga derbi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah kompetisi sepak bola, laga derbi antara dua tim satu wilayah biasanya ditunggu-tunggu, tak terkecuali di Meiji Yasuda J1 League. Tak hanya panas di dalam lapangan, laga derbi biasanya juga jadi pertarungan gengsi antara fan kedua klub, hal yang semakin membuat pertandingan ini dianggap penting.

Pada ajang J1 League musim ini, setidaknya ada delapan laga yang disebut derbi, mulai dari derbi satu kota, prefektur, wilayah, hingga nasional. Kenapa derbi yang tersaji di kasta teratas Liga Jepang musim ini berlangsung seru? Berikut catatannya:

Baca Juga

Derbi Satu Kota

Derbi Yokohama: Yokohama F. Marinos vs Yokohama FC

Rivalitas kedua tim bisa dibilang panas, apalagi jika ditilik dari awal pembentukan kedua tim yang sama-sama berasal dari Prefektur Kanagawa ini. Dulu, Yokohama F. Marinos masih bernama Yokohama Marinos dan merupakan satu dari 10 klub asli pendiri J League pada 1993.

Enam tahun berselang, klub sekota mereka, Yokohama Flugels, kehilangan sponsor utama dan memutuskan untuk bergabung dengan rival sekota mereka, Yokohama Marinos. Klub baru itu kemudian bernama Yokohama F. Marinos, dengan "F" di tengah menunjukkan bahwa Flugels jadi setengah bagian dari klub ini.

Akan tetapi, fan Flugels merasa bahwa hal ini tak seperti penggabungan, klub mereka hanya dilebur, dan menolak untuk mendukung Marinos. Dengan menggunakan dana dari donasi, mereka membuat klub baru yang dinamai Yokohama FC, klub profesional pertama di Jepang yang dimiliki oleh suporter.

Sejarah ini membuat laga kedua tim selalu panas, di dalam dan luar lapangan. Apalagi kandang kedua tim berjarak sangat dekat, paling dekat di antara dua tim di J1 League musim ini.

Kandang kedua tim, Nissan Stadium dan NHK Spring Mitsuzawa Football Stadium, hanya terpisahkan jarak 5,2 kilometer.

Derbi Satu Prefektur

Derbi Kanagawa: Yokohama F. Marinos vs Kawasaki Frontale

Laga derbi Kanagawa yang terjadi di Prefektur Kanagawa mempertemukan Frontale yang berasal dari Kota Kawasaki dan Marinos dari Kota Yokohama. Sebenarnya, Derbi Kanagawa juga berisi dua tim lain dari prefektur ini, Yokohama FC dan juga Shonan Bellmare. Akan tetapi, bisa dibilang laga Kawasaki Frontale lawan Yokohama F. Marinos adalah laga Derbi Kanagawa terbesar, dilihat dari sejarah dan juga prestasi mereka.

Kawasaki Frontale kini adalah tim terkuat di Liga Jepang. Mereka tiga kali juara J1 League dalam empat musim terakhir. Musim lalu mereka juga menjadi juara Piala Kaisar, ditambah gelar Piala Super Jepang pekan lalu usai mengalahkan Gamba Osaka.

Lawan mereka, Yokohama F. Marinos, adalah satu-satunya tim yang berhasil juara J1 League selain Frontale dalam empat musim terakhir, tepatnya musim 2019 lalu. Tricolor juga total mengoleksi empat gelar J1 League, terbanyak kedua sepanjang sejarah setelah Kashima Antlers.

Kandang kedua tim hanya berjarak tak lebih dari 10 kilometer, membuat persaingan kedua tim panas tak hanya di atas lapangan, tetapi juga bagi para fan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA