Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Erdogan: Turki tak akan Ubah Kebijakannya Soal F-35, S-400

Jumat 18 Jun 2021 22:44 WIB

Red: Christiyaningsih

Turki tidak akan mengubah kebijakannya soal jet tempur F-35 dan sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. Ilustrasi.

Turki tidak akan mengubah kebijakannya soal jet tempur F-35 dan sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. Ilustrasi.

'Itu adalah kesalahan bersejarah bagi sebuah negara karena mendukung kelompok teroris yang dilawan oleh sekutunya,' kata presiden Turki - Anadolu Agency

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan kepada rekan sejawatnya dari Amerika Serikat bahwa Ankara tidak akan mengubah kebijakannya soal jet tempur F-35 dan sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

“Saya mengatakan kepada (Joe Biden), jangan berharap kami mengambil langkah berbeda karena kami sudah melakukan bagian kami dalam F-35,” kata Erdogan kepada wartawan di Baku, Kamis, merujuk pada pertemuan tatap muka baru-baru ini dengan presiden AS selama KTT NATO di Brussel.

Baca Juga

Erdogan juga menekankan bahwa itu adalah "kesalahan bersejarah" bagi sebuah negara karena mendukung kelompok teroris yang dilawan oleh sekutunya, alih-alih berpihak pada sekutunya yang menjadi sasaran terorisme.

Dia menambahkan Moskow sedang "membantu" pembukaan koridor Zangezur yang menghubungkan antara bagian barat Azerbaijan dengan daerah otonomi Nakhchivan, dan dia berencana bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam waktu dekat.

Zangezur adalah bagian dari Azerbaijan, tetapi pada 1920-an, Soviet memberikan wilayah itu kepada Armenia. Akibatnya, Azerbaijan putus hubungan dengan Nakhchivan dan beberapa bagian rel kereta api antara kedua wilayah dihancurkan. Setelah bagian-bagian itu diperbaiki, Azerbaijan akan dapat mencapai Iran, Armenia, dan Nakhchivan dengan akses kereta api.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/erdogan-turki-tak-akan-ubah-kebijakannya-soal-f-35-s-400/2277416
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA