Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Mou Sarankan Ramos Lanjutkan Karier di Liga Primer Inggris

Jumat 18 Jun 2021 22:12 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Sergio Ramos.

Sergio Ramos.

Foto: EPA-EFE/JuanJo Martin
Sergio Ramos masih memiliki kemampuan untuk bisa tampil di level tertinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, menilai, Sergio Ramos masih memiliki kemampuan untuk bisa tampil di level tertinggi. Dengan merujuk pada dampak yang mampu diberikan Thiago Silva di Chelsea, Mourinho pun menyarankan bek tengah asal Spanyol itu untuk melanjutkan karier profesionalnya dengan bergabung bersama kontestan Liga Primer Inggris.

Ramos dipastikan menyudahi kiprahnya bersama Los Blancos, yang telah terentang dalam 16 tahun terakhir. Kiprah bek tengah berusia 35 tahun itu di Madrid berakhir seiring dengan habisnya kontrak Ramos pada akhir bulan ini.

Selama memperkuat Madrid, Ramos telah mempersembahkan total 22 trofi, termasuk lima titel La Liga Spanyol, empat gelar juara Liga Champions, dan dua trofi Copa del Rey. Mourinho, yang pernah bekerja sama dengan Ramos saat menukangi Madrid pada 2010 hingga 2013, menilai, mantan anak asuhnya itu masih bisa merumput di level tertinggi, kendati telah menginjak usia 35 tahun.

Mou pun menyebut, seperti halnya Thiago Silva di Chelsea, Ramos bisa memberikan dampak cukup besar apabila bergabung bersama klub asal Inggris. Pada awal musim lalu, the Blues mendatangkan Silva dengan status free transfer. Tampil di 34 laga dan menyumbang dua gol di semua ajang, bek berusia 36 tahun itu mampu mengantarkan Chelsea merengkuh titel Liga Champions, finis di empat besar Liga Primer Inggris, dan tampil di partai final Piala FA.

Ramos dianggap bisa memberikan kontribusi serupa seperti yang ditunjukkan oleh Silva. ''Silva mungkin tidak tampil di setiap laga, tapi dia bisa memberikan stabilitas di laga-laga besar. Anda bisa bayangkan bagaimana dampak yang dia buat tim lewat kepemimpinannya. Saya yakin, Ramos berada dalam situasi yang sama,'' kata Mourinho seperti dikutip Talk Sports, Jumat (18/6).

Bahkan, Mou menilai, dibanding Silva, Ramos masih memiliki kondisi fisik yang jauh lebih kuat. Ramos, lanjut Mou, masih bisa beradaptasi dengan tantangan Liga Primer Inggris, yang dikenal memiliki intensitas permainan yang cepat dan menuntut fisik yang prima.

''Ramos lebih kuat dalam hal pemenuhan tuntutan fisik di permainan di Liga Primer Inggris, ketimbang Silva. Saya yakin, dia bisa beradaptasi dengan intensitas dan tuntutan di Liga Primer Inggris,'' ujar eks pelatih Chelsea dan Manchester United tersebut.

Sejumlah klub sempat digadang-gadang siap menampung Ramos pada musim depan. Selain Paris Saint Germain (PSG), dua klub asal Manchester, Manchester United dan Manchester City, disebut-sebut siap mendatangkan mantan bek tengah Sevilla tersebut.

Namun, klub peminat Ramos dikabarkan harus menyiapkan gaji sebesar 200 ribu euro per pekan untuk bisa mendatangkannya. Mou pun mengaku terkejut dengan berakhirnya kiprah Ramos bersama Madrid.

Mou selalu menyangka, Ramos akan gantung sepatu di Madrid. Terlebih, dengan berbagai catatan prestasi yang telah ditorehkannya buat Los Blancos. Terlepas dari berbagai cedera yang dialaminya pada musim lalu, Ramos dianggap masih bisa menjadi pemain andalan di sektor pertahanan.

''Faktanya, dia merupakan salah satu pemain berkualitas di posisinya dan masih bisa tampil untuk beberapa tahun lagi. Saya bisa membayangkan, dia akan tampil bersama klub besar pada musim depan. Hanya klub-klub papan atas yang bisa memenuhi tuntutan finansial darinya,'' jelas Mou.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA