Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Del Bosque Nilai Messi Lebih Hebat dari Ronaldo

Jumat 18 Jun 2021 21:25 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Vicente Del Bosque.

Vicente Del Bosque.

Foto: REUTERS/John Sibley
Messi dan Ronaldo telah mendominasi sepak bola dunia selama dekade terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pelatih Real Madrid dan timnas Spanyol Vicente del Bosque telah memicu perdebatan yang masih terus berlangsung tentang siapa yang lebih baik antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kedua pemain itu terus memecahkan rekor meskipun berada di tahap akhir karier masing-masing.

Messi dan Ronaldo telah mendominasi sepak bola dunia selama dekade terakhir dan memenangkan hampir setiap trofi level tim dan individu.

Messi adalah pemenang Ballon d'Or enam kali, sementara saingan utamanya untuk penghargaan individu terbesar sepak bola Eropa adalah Ronaldo, yang telah mengeklaim Ballon d'Or lima kali.

Tidak ada keraguan bahwa Messi dan Ronaldo akan dianggap sebagai pesepak bola terhebat yang pernah memainkan permainan ini, tetapi Del Bosque telah menunjukkan satu aspek. Ia merasa bahwa Messi, pemain asal Argentina, itu memiliki keunggulan dibandingkan rekannya asal Portugal.

Mantan pelatih Spanyol itu menjelaskan bahwa ia tak bermaksud tidak menghormati Ronaldo dengan memilih saingan lamanya. Ia hanyalah memuji gaya bermain kapten Argentina yang mencerminkan akar sepak bola jalanan yang menempatkannya di depan mantan bintang Real Madrid itu.

"Messi adalah yang terbaik di seluruh dunia dan saya akan memberi tahu Anda alasannya," kata Del Bosque, seperti dikutip Marca, Jumat (18/6). "Saya tidak mengatakannya untuk mendiskreditkan Cristiano. Messi adalah anak jalanan di lingkungannya. Salah satu dari mereka bermain dengan kami dan dia mengolok-olok Anda di lapangan. Itu sebabnya dia pemain terbaik dunia."

Kedua pemain, Messi dan Ronaldo, kembali memimpin tim masing-masing di turnamen kontinental, Copa America dan Euro 2020, yang sedang berlangsung. Messi mencetak satu-satunya gol Argentina saat bermain imbang 1-1 melawan Cile. Sementara Ronaldo, penyerang Portugal, itu mencetak dua gol saat timnya mengalahkan Hungaria 3-0 dalam laga perdana.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA