Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Perahu Rusak, Nelayan Aceh Terdampar Hingga Phuket

Jumat 18 Jun 2021 19:51 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Kapal nelayan Aceh (ilustrasi)

Kapal nelayan Aceh (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Rahmad
Nelayan Aceh itu diselamatkan oleh Kapal Thailand.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH  -- Kapal Badan Keamanan Laut (Bakamla) area 3 Thailand menyelamatkan nelayan asal Sabang, Aceh Ade Elfikar (40) yang terapung di kawasan perairan Racha Selatan, Pulau Phuket. Nelayan Aceh itu terdampar setelah mesin perahunya rusak.

"Iya benar nelayan kita dari Sabang yang hilang telah diselamatkan kapal Thailand," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek, di Banda Aceh, Jumat.

Miftach mengatakan, nelayan Sabang tersebut terdampar ke Thailand karena mengalami kerusakan pada mesin perahu yang dinahkodainya seorang diri."Rusak mesin boat-nya, sehingga dia tidak bisa pulang maka timbul niat kita mencari, dan akhirnya kita dapat kabar telah diselamatkan pihak Thailand," ujarnya.

Kata Miftach, nelayan tersebut berangkat melaut dari Sabang untuk mencari ikan pada Ahad (6/6) lalu. Namun karena mengalami kerusakan mesin ia terdampar hingga ke Phuket Thailand, dan baru ditemukan pada Ahad (13/6). Miftach menyampaikan, pihaknya terus mengadvokasi pemulangan nelayan tersebut melalui Pemerintah Aceh hingga nantinya disampaikan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

"Kita akan berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh melalui DKP Aceh dan dengan PSDKP Banda Aceh hingga diteruskan pada KKP dan ke KBRI," kata Miftach.

Menurut Miftach, proses pemulangan tidak bisa dilakukan cepat karena masih banyak kelengkapan administrasi yang harus disiapkan, mulai dari visa dan berbagai persyaratan lainnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA