Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Prodi Informatika UNM Sukses Gelar Webinar Data Science

Jumat 18 Jun 2021 18:50 WIB

Red: Irwan Kelana

Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM)  menggelar webinar data science, Rabu (16/6).

Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar webinar data science, Rabu (16/6).

Foto: Dok UNM
Materi data science sedang booming.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bidang ilmu data science masih jadi perbincangan dan cukup tren. Bidang ilmu ini termasuk pada perpaduan interdisipliner dari penurunan data, pengembangan algoritma dan teknologi untuk memecahkan masalah analitik yang kompleks. 

Universitas Nusa Mandiri (UNM), program studi (Prodi) Informatika sukses menggelar webinar data science. Kegiatan bertemakan ‘Data Science Real World Project in Python’ ini, berlangsung secara daring melalui zoom meeting, pada Rabu (16/6) pukul 10.00-12.00 WIB.

Webinar ini merupakan kegiatan wajib khusus untuk mahasiswa/i semester empat Prodi Informatika dan untuk umum. Webinar menghadirkan seorang praktisi spesialisasi di bidang data science yaitu Taufik Sutanto, selaku founder tau-data Indonesia, dosen UIN Jakarta dan UI,  serta  researcher PPIM UIN-SH Jakarta.

Taupik Sutanto smenjelaskan tentang basic pengenalan pemrograman phyton dan mengapa harus python.  “Alasan mengapa kita perlu tahu dan mengembangkan ilmu pemrograman python, yang paling umum sekali karena python free-open source. Mudah dipelajari, tidak berat aplikasinya, multiplatform bisa beroperasi pada windows, linux, mac, punya bahasa pemrograman tingkat tinggi,” paparnya saat memaparkan materi,  Rabu (16/6).

Menurutnya, di Indonesia perkembangan IT telah memungkinkan bergerak menuju Revolusi Industri 4.0 yang dimulai dari revolusi internet. Dengan perkembangan ini, pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan (AI) telah membuat TI menjadi lebih aktif. 

“Pertumbuhan ini menjadikan analisis data sebagai fokus utama perusahaan. Artinya, aktivitas ini mendongkrak peningkatan permintaan akan data scientist. Ini menjadi peluang besar bagi para mahasiswa,” katanya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Selain itu, mahasiswa harus bisa mengikuti perkembangan di era sekarang, dengan terus meng-update segala ilmu. Salah satunya pemrograman yang sedang populer saat ini yaitu python. Banyak teknologi terkini yang menggunakna python sebagai core architechture mereka.

“Jadi jangan menyerah untuk terus mempelajari dan mengembangkan bahasa pemrograman python ini. Karena di masa mendatang bidang ilmu ini akan semakin banyak dicari,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia pun memberikan demo realtime streaming data analysis dan notification yang menggunakan data real time dari twitter dengan tujuan untuk pengambilan kebijakan secara cepat berdasarkan sentiment data twitter dan notifikasi ke customer service atau management secara real time.

Taupik mengapresiasi kegiatan webinar yang digelar Universitas Nusa Mandiri (UNM) ini. Menurutnya, UNM sangat serius dalam membina mahasiswanya dalam pemenuhan kompetensi terkini.

“Saya rasa di UNM ini kurikulumnya sudah menyesuaikan dengan kecepatan perkembangan teknologi sekarang,” ucapnya.

Sementara itu Anton selaku kaprodi Informatika UNM  mengungkapkan bahwa materi data science ini memang sedang booming dan sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan saat ini.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dasar pada mahasiswa dan peserta mengenai data science di dunia nyata menggunakan python untuk menghadapi dunia kerja nantinya,” ujarnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA