Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Tempe Indonesia Tembus Pasar di Jepang

Jumat 18 Jun 2021 16:43 WIB

Red: Muhammad Akbar

Sepuluh siswa asal SMA Unggulan Del, Laguboti, Sumatera Utara, meluncurkan paket berisi fermentasi tempe ke luar angkasa. Proyek ini merupakan cara mengenalkan makanan khas Indonesia. (Ilustrasi)

Sepuluh siswa asal SMA Unggulan Del, Laguboti, Sumatera Utara, meluncurkan paket berisi fermentasi tempe ke luar angkasa. Proyek ini merupakan cara mengenalkan makanan khas Indonesia. (Ilustrasi)

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Sebanyak 4,8 juta tol tempe binaan dari Rumah Tempe Azaki Bogor dieskpor ke Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tempe asal Indonesia yang diproduksi pelaku Usaha Kecil dan Menengan (UKM) menembus pasar Jepang. Sebanyak 4,8 juta tol tempe binaan dari Rumah Tempe Azaki Bogor dilepas secara seremonial dari lokasi gudang di Jakarta Utara.

H. Ayep Zaki sebagai Ketua Umum FKDB dalam sambutannya menyampaikan bahwa FKDB akan terus komitmen dengan

“Program ekspor berbasis UKM yang diawali dengan tempe ini, insya allah akan dilanjutkan lagi dengan produk-produk lain berbasis perkebunan dan peternakan,” kata H Ayep Zaki, ketua umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) yang menjadi pengelola dari rumah tempe Azaki dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (18/6).

Dalam usaha melakukan ekspor tempe ini, Zaki mengatakan, pihaknya melakukan kerjasama dengan PT Arumia Kharisma Indonesia dan Kobe Bussan.,Co.Ltd Japan. “Tentunya ini menjadi tantangan buat kami agar tetap menjaga kuantitas dan kualitas tempe yang dikirim ke sana,” ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Ganjar Gunawan, dalam sambutannya mengapresiasi keberhasilan FKDB dalam membina UKM Tempe hingga bisa memenuhi pasar ekspor. “Ini sebuah sejarah dengan diterimanya Tempe Azaki di negara Jepang,” katanya.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi, menambahkan dengan adanya aktivitas ekspor ini maka Rumah Tempe Azaki dianggap sebagai survival inovation bagi UKM. “Dalam arti, mereka telah memberikan motivasi kepada UKM-UKM tempe khususnya kepada 35 pengrajin tempe yang ada di wilayah Kota Bogor,” katanya.

Pada acara seremonial tersebut, hadir sejumlah pejabat dari Kementerian Perdagangan RI, Rumah Kreasi Indonesia Hebat, Forum Tempe Indonesia, BPOM Pusat, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA