Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Neymar Semakin Dekati Rekor Gol Pele untuk Brasil

Jumat 18 Jun 2021 16:05 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Neymar Jr dari timnas Brasil menyegarkan diri setelah mencetak gol.

Neymar Jr dari timnas Brasil menyegarkan diri setelah mencetak gol.

Foto: EPA-EFE/Joedson Alves
Neymar butuh menjebol gawang lawan 10 kali lagi untuk melewati rekor 77 gol Pele.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Neymar membantu timnas Brasil mengalahkan Peru dengan skor 4-0 di lanjutan Copa America 2021, Jumat (18/6) dini hari WIB, dengan mencetak satu gol. Ia semakin dekat dengan rekor yang dipegang oleh legenda hidup tim Samba, Pele.

Neymar saat ini sudah mengantongi 68 gol. Ia butuh menjebol gawang lawan 10 kali lagi untuk melewati rekor 77 gol milik Pele untuk timnas Brasil. Di usia yang masih produktif, kesempatan Neymar untuk mencetak sejarah masih terbuka.

"Tentu sebuah kehormatan jika menjadi bagian dari sejarah Brasil. Sejujurnya, mimpi saya adalah bermain untuk timnas Brasil, memakai seragam ini. Saya tidak pernah membayangkan bisa mendapatkan nomor punggung ini," kata Neymar seperti dilansir AP, Jumat (18/6).

Sambil mengusap air mata, Neymar mengaku perjalanan sepak bolanya tidak mudah. Walaupun tidak memenangkan tiga Piala Dunia seperti yang dilakukan Pele, Neymar tetap bahagia bisa mengabdi untuk negaranya.

"Hal ini sangat emosional bagi saya karena sudah melewati berbagai rintangan. Rekor pribadi saya tidak sebanding dengan kebahagiaan saya bermain untuk timnas Brasil," ujar Neymar.

Neymar beberapa kali terganjal cedera panjang yang membuatnya absen di ajang penting. Final Liga Champions 2019/2020 menjadi salah satu penyesalannya tidak bisa bertanding di partai besar.

Di satu sisi, Neymar mendapatkan dukungan penuh dari pelatih timnas Brasil, Tite. Tite menegaskan tidak akan memaksa anak asuhnya untuk bisa menyaingi Pele dalam waktu singkat.

"Dia (Neymar) punya karakter sendiri dalam mengembangkan kemampuannya. Dia bisa memberi assist, menendang dengan kaki kanan dan kaki kiri, tanpa bisa diprediksi," ujar Tite menjelaskan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA