Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

5 Cara Meneguhkan Ketaqwaan Sepanjang Tahun

Jumat 18 Jun 2021 04:55 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

5 Cara Meneguhkan Ketaqwaan Sepanjang Tahun. Ilustrasi Takwa/taqwa

Foto:
Ingat, konsistensi dan langkah kecil adalah kuncinya.

Membiasakan membaca Alquran

Keyakinan pada Alquran perlu ditunjukkan dengan memberikan Alquran peran aktif dalam hari kita. Semakin banyak Alquran dibaca di hari-hari kita,  semakin kuat ketaqwaan kita.

Ingat, konsistensi dan langkah kecil adalah kuncinya. Pilih setidaknya satu ayat sehari, bacalah dalam bahasa Arab jika Anda bisa, baca terjemahannya dan pikirkan cara untuk menerapkan ayat itu dalam hidup Anda.

Jadikan akhirat sebagai kenyataan sehari-hari

Ciri lain orang yang bertaqwa adalah yang beriman kepada akhirat. Akhirat adalah bagian dari yang gaib, namun Allah SWT menekankan betapa pentingnya untuk benar-benar yakin ada dunia yang menunggu kita setelah tubuh kita mati di dunia ini.

Ada hari di mana kita akan dihakimi, surga abadi yang menakjubkan, api yang mengamuk, api yang tidak pernah berakhir dan kesempatan untuk melihat Pencipta semuanya. Dan keyakinan ini dapat menjadi motivator utama untuk memfokuskan kembali setiap hari pada apa yang paling penting: perbuatan yang kita lakukan ke depan!

Cara meningkatkan keimanan ini bisa dengan meminta taufiq Allah SWT untuk melakukan perbuatan baik dan agar Allah Yang Maha Tinggi menerimanya.  Gunakan doa yang indah ini, yang merupakan sunnah untuk diucapkan sebelum salam di akhir doa dan membagikannya:

Allahumma a'innii 'alaa dhikrika wa shukrika wa husni' ibadatika. (Ya Allah! Bantulah aku mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah kepada-Mu dengan sebaik-baiknya.) (HR. Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa'i)

Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa meminta surga kepada Allah tiga kali, maka surga akan berkata: 'Ya Allah!  Masukkan dia ke dalam surga!’ Dan barang siapa yang meminta perlindungan kepada Allah dari api neraka tiga kali, maka neraka akan berkata: 'Ya Allah! Lindungi dia dari Api! (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah)

Anda dapat mengatakan: "Allahumma innii as'aluka al Jannah".  (Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu surga dan “Allahumma ajirnii min an Naar” (Ya Allah, lindungilah aku dari neraka).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA