Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

5 Cara Meneguhkan Ketaqwaan Sepanjang Tahun

Jumat 18 Jun 2021 04:55 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

5 Cara Meneguhkan Ketaqwaan Sepanjang Tahun. Ilustrasi Takwa/taqwa

5 Cara Meneguhkan Ketaqwaan Sepanjang Tahun. Ilustrasi Takwa/taqwa

Foto: Pixabay
Ingat, konsistensi dan langkah kecil adalah kuncinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak jarang Muslim merasakan ketaatannya memudar saat Ramadhan berakhir. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap meneguhkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, bahkan di bulan-bulan selain Ramadhan.

Ada lima poin yang menjadi tips agar tetap berada dalam ketaqwaan, dilansir di About Islam.

Baca Juga

Perkuat keimanan terhadap yang gaib

Allah berfirman dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 3 yang artinya: "(Orang yang bertaqwa) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan sholat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka."

Salah satu ciri orang yang bertaqwa yang disebutkan dalam surat Al Baqarah adalah beriman pada yang gaib, yakni Allah SWT, malaikat, jin, akhirat. Keimanan akan yang gaibini bisa ditingkatkan dengan berbagai cara seperti yang dijelaskan dalam sunnah Nabi SAW.

Salah satu contohnya adalah membaca dua ayat terakhir dari Surah Al Baqarah sebelum tidur dengan penuh keyakinan (Quran 2:285-286). Tindakan ini akan menegaskan keyakinan kepada Allah, Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Nya, takdir dan akhirat, mendapatkan perlindungan (dari bahaya yang terlihat dan tidak terlihat) dan menghidupkan kembali sunnah pada saat yang sama!

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jika seseorang membaca dua ayat terakhir dari Surat Al-Baqarah di malam hari, itu sudah cukup baginya." (Al-Bukhari)

Ada juga sunnah berwudhu sebelum tidur, yng menurut hadist seorang malaikat akan tidur dengan Anda dan berdoa untuk Anda. Membaca Alquran di subuh hari juga akan membuat seseorang ditemani malaikat, begitu juga saat mengunjungi orang sakit, atau berdoa untuk kebaikan orang lain.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA