Makedonia Angkat Koper, Ukraina Buka Peluang

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar

Andriy Yarmolenko (depan) dari Ukraina melakukan selebrasi setelah mencetak keunggulan 1-0 pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Ukraina dan Makedonia Utara di Bucharest, Rumania, 17 Juni 2021.
Andriy Yarmolenko (depan) dari Ukraina melakukan selebrasi setelah mencetak keunggulan 1-0 pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Ukraina dan Makedonia Utara di Bucharest, Rumania, 17 Juni 2021. Foto: EPA-EFE/Robert Ghement / POOL
Kemenangan ini membuka harapan Ukraina untuk lolos ke sistem gugur.

REPUBLIKA.CO.ID, BOKARES -- Ukraina menang 2-1atas Makedonia Utara pada babak pertama dalam penyisihan grup C Piala Eropa 2020, di Stadion Nasional, Bokares, Romania, Kamis (17/6) malam WIB.

Kemenangan ini membuka harapan Ukraina untuk lolos ke sistem gugur. Sebaliknya, Makedonia yang sudah dua kali kalah harus angkat koper dari Euro 2020.

Ukraina menguasai pertandingan sejak laga dimulai. Mereka tampak ingin segera membobol gawang Makedonia Utara. Ukraina mendapatkan peluang bagus dimenit kelima melalui tembakan Oleksandr Karavaev namun masih bisa diblok.

Dua menit berselang Ukraina kembali melakukan percobaan. Kali dari kaki Illia Zabarnyi. Ia memanfaatkan umpan silang oleh Mykola Shaparenko namun belum berbuah gol.

Pasukan Andriy Shevchenko benar-benae mengurung pertahanan Makedonia. Sehingga mereka hanya mengandalkan serangan balik untuk menyerang.

Usaha Ukraina akhirnya berhasil pada menit ke-29. Tembakan Andriy Yarmolenko memanfaatkan assist Karavaev merobek jala Makedonia. Tak lama berselang, tepatnya menit ke-34 Ukraina menggandakan keunggulan lewat Roman Yaremchuk.

Ia mengarahkan tembakannya ke sudut kanan bawah gawang. Makedonia berusaha bangkit. Goran Pandev adalah pemain menonjol dari mereka.

Beberapa kali mantan pemain Inter Milan tersebut menciptakan peluang. Hingga babak pertama usai skor 2-0 untuk keunggulan Ukraina.

Babak kedua Makedonia langsung membuat perubahan. Mereka mengganti pemain Boban Nikolov dengan Aleksandar Trajkovski saat babak kedua dimulai. Lalu Darko Churlinov menggantikan Stevan Spirovski.

Perubahan yang dilakukan mereka berdampak kepada permainan Makedonia. Serangan mereka lebih berbahaya daripasa babak pertama. Pada menit ke-47 mereka mendapatkan peluang mencetak gol namun percobaan Arijan Ademi melalui tembakan kaki kanan masih gagal.

Permainan lebih berimbang memasuki menit ke-50. Jual beli serangan diperlihatkan oleh kedua tim. Pada menit ke-57, Makedonia berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 berkat gol Ezgjan Alioski. Ia menembak bola ke arah tengah gawang Ukraina.

Gol tersebut meningkatkan semangat Makedonia untuk menambah gol. Beberapa kali mereka mengancam pertahanan Ukraina. Begitu juga dengan Ukraina yang mencoba membongkar pertahanan Makedonia guna menambah gol.

Ukraina sejatinya punya peluang menambah skor. Namun Ruslan Malinovskiy gagal mengeksekusi penalti. Tak ada gol lagi yang tercipta hingga laga usai. Dan Ukraina membuka asa lolos ke fase gugur.

Ukraina kini mengemas tiga poin. Sementara Makedonia dipastikan tak lolos ke babak berikutnya usai mengalami dua kali kekalahan. Rahmat Fajar



Terkait


Pelatih Austria Franco Foda

Pelatih Austria: Misi Kami Berhasil

Leandro Trossard (kanan) dari Belgia beraksi melawan Jere Uronen dari Finlandia selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup B UEFA EURO 2020 antara Finlandia dan Belgia di St.Petersburg, Rusia, 21 Juni 2021.

Kalahkan Finlandia 2-0, Belgia Mulus Lolos 16 Besar

 Georginio Wijnaldum (tengah) dari Belanda merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak keunggulan 3-0 selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Makedonia Utara dan Belanda di Amsterdam, Belanda, 21 Juni 2021.

Grup C: Belanda Sempurna, Ukraina Menunggu

Reaksi Thomas Mueller dari Jerman selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Jerman di Munich, Jerman, 19 Juni 2021.

Empat Pemain Jerman Cedera, Mungkin Absen Lawan Hungaria

Leandro Trossard (kanan) dari Belgia beraksi melawan Jere Uronen dari Finlandia selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup B UEFA EURO 2020 antara Finlandia dan Belgia di St.Petersburg, Rusia, 21 Juni 2021.

Babak 1 Belgia Vs Finlandia masih Tanpa Skor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image