Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

4 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Wafat Era Utsman bin Affan

Kamis 17 Jun 2021 20:58 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Sejumlah sahabat Nabi SAW wafat pada tahun 32 Hijriyah pada masa kepemimpinan Utsman bin Affan.  (ilustrasi) Utsman bin Affan

Sejumlah sahabat Nabi SAW wafat pada tahun 32 Hijriyah pada masa kepemimpinan Utsman bin Affan. (ilustrasi) Utsman bin Affan

Foto: tangkapan layar wikipedia
Sejumlah sahabat Nabi SAW wafat pada tahun 32 Hijriyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada tahun 32 Hijriyah semasa kekhalifahan Utsman bin Affan radhiyallahu anhu beberapa dari sahabat Nabi Muhammad ﷺ telah wafat. 

Dikutip dari laman Youm7 pada Kamis (17/6), berikut beberapa sahabat Rasulullah ﷺ yang wafat pada tahun 32 Hijriyah:

Baca Juga

1. Abbas bin Abdul Muthalib

Abbas bin Abdul Muthalib radhiyallahu anhu  merupakan paman Rasululah ﷺ dan saudara kandung ayahnya. Dia termasuk salah seorang tokoh sahabat yang ikut mengibarkan panji Islam. Dia bertindak sebagai seorang penasihat dan juru runding, menyertai keponakannya dalam majelis itu.

Sebelumnya khalifah Umar bin Khattab RA pernah pergi kepada Abbas dan menceritakan kesulitan besar yang dialami umat akibat kemarau panjang dan paceklik itu. 

Kemudian dia naik mimbar bersama Abbas seraya berdoa, "Ya Allah, kami menghadapkan diri kepada-Mu bersama dengan paman Nabi kami dan saudara kandung ayahnya, maka turunkanlah hujan-Mu dan janganlah kami sampai putus asa!"

Abbas wafat pada Jumat, 12 Rajab 32 H, dalam usia 82 tahun. Dia dikebumikan di pemakaman Baqi, Madinah.

2. Abdurrahman bin Auf

Sahabat Abdurrahman bin Auf Islam radhiyallahu anhu  di masa awal. Dia pernah berhijrah ke Abyssinia. Hijrah keduanya dilakukan bersama Rasulullah ke Madinah

Sahabat Nabi ini wafat di Madinah pada 32 Hijriyah, ketika itu, usianya 75 tahun.

3. Abu Dzar Al Ghifari

Abu Dzar Al Ghifari RA merupakan salah seorang sahabat Rasulullah ﷺ. Seperti para sahabat umumnya, dia dikenang lantaran kesalehannya. 

Abu Dzar sebelumnya sempat kembali ke Madinah atas permintaan khalifah Utsman. Dia tinggal di Rabzah, sebuah desa kecil di dekat Madinah sampai akhir hayatnya, pada tahun 32 Hijriyah.

4. Abdullah bin Masud

Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu anhu merupakan sahabat Rasulullah yang paling awal masuk islam, sebelum Umar. Tak berapa lama setelah memeluk Islam, Abdullah bin Masud mendatangi Rasulullah dan memohon kepada beliau agar diterima menjadi pelayan beliau. Rasulullah ﷺ pun menyetujuinya.

Dia wafat pada zaman khalifah Utsman, dan dalam satu riwayat disebutkan, yang memimpin (mengimami) sholat jenazahnya adalah sahabat Ammar bin Yasir radhiyallahu anhu .

 

Sumber: youm7

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA