Friday, 13 Zulhijjah 1442 / 23 July 2021

Friday, 13 Zulhijjah 1442 / 23 July 2021

PBB Ingatkan Peningkatan Ketegangan Pemukim Israel-Palestina

Jumat 18 Jun 2021 01:30 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah

Israel Serang Gaza.

Israel Serang Gaza.

Foto: Time of Israel
Ketegangan dapat meningkat menyusul aksi provokatif Pawai Bendera sayap kanan Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah Tor Wennesland memperingatkan meningkatnya ketegangan antara pemukim Israel dan Palestina. Hal itu berpotensi memicu babak baru bentrokan.

"Ketegangan meningkat lagi di Yerusalem pada waktu keamanan serta politik yang sangat rapuh dan sensitif, ketika PBB dan Mesir secara aktif terlibat dalam memperkuat gencatan senjata (di Jalur Gaza)," kata Wennesland lewat akun Twitter pribadinya, dilaporkan laman kantor berita Palestina WAFA.

Ketegangan yang dimaksud Wennesland adalah pawai bendera yang diadakan para pemukim Yahudi di Kota Tua Yerusalem. Pawai tersebut didukung pemerintahan baru Israel. Wennesland mendesak semua pihak untuk bertindak secara bertanggung jawab dan menghindari kegiatan apa pun yang dapat dianggap provokatif.

"Saya mendesak semua pihak terkait untuk bertindak secara bertanggung jawab dan menghindari provokasi yang dapat mengarah pada putaran konfrontasi lagi," kata Wennesland.

Pada Selasa (15/6) lalu, kelompok nasionalis sayap kanan Israel yang menentang pembentukan pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Naftali Bennett dan Yair Lapid telah mengumumkan pawai di dalam dan sekitar Kota Tua Yerusalem. Pawai yang merayakan ulang tahun pendudukan Yerusalem Timur dipandang sebagai aksi provokatif oleh orang-orang Palestina. Bangsa Palestina diketahui mendambakan Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan negara mereka.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA