Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Fakta-fakta Menarik Seputar Pertemuan Biden-Putin

Kamis 17 Jun 2021 20:27 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih

Presiden AS Joe Biden, kanan dan Presiden Rusia Vladimir Putin, berjabat tangan, sebelum KTT AS-Rusia, di Jenewa, Swiss, Rabu, 16 Juni 2021.

Presiden AS Joe Biden, kanan dan Presiden Rusia Vladimir Putin, berjabat tangan, sebelum KTT AS-Rusia, di Jenewa, Swiss, Rabu, 16 Juni 2021.

Foto: AP/Denis Balibouse/Pool Reuters
Mulai dari cara berjabat tangan hingga perbedaan cara media menyebut Biden dan Putin

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA - Akhirnya Joe Biden bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Banyak pihak yang membahas aspek politik pertemuan yang digelar Jenewa, Swiss itu.

Namun juga banyak kejadian unik yang terjadi selama pertemuan tatap muka pertama Biden dengan Putin sejak ia mulai menjabat Januari lalu. Berikut sejumlah hal menarik yang dikumpulkan Sputnik News dalam pertemuan dua kepala negara itu pada Rabu (16/6) kemarin.

Bukan Pertemuan Pertama
Biden memang baru menjabat sebagai kepala negara AS pada Januari lalu. Namun ia sudah pernah bertemu dengan Putin pada 2011 ketika ia masih menjabat sebagai wakil presiden dan Putin sebagai perdana menteri sebelum ia terpilih kembali sebagai presiden pada 2012.

Putin juga menghadiri pertemuan perubahan iklim yang diselenggarakan Biden bulan April lalu. Namun keduanya tidak berbicara karena kegiatan tersebut digelar secara virtual. Mereka sudah dua kali berbicara melalui telepon sejak Biden menjabat sebagai presiden.

Biden Terlambat
Rombongan kendaraan Biden terlambat sembilan menit dari yang dijadwalkan walaupun ia tiba di Jenewa satu hari lebih dulu dari Putin yang terbang dari Sochi. Dalam pertemuan sebelumnya, Putin yang biasanya telat pernah sampai 40 menit seperti yang terjadi ketika ia bertemu dengan mantan Presiden Barack Obama.

Jabat Tangan
Saat dua kepala negara itu bertemu di depan kastil abad ke-18, Biden dan Putin berjabatan tangan. Mereka kembali berjabat tangan saat sudah berada di dalam Villa la Grange.

Padahal saat berkunjung ke Eropa, Biden selalu menggunakan kepalan tangan atau siku ketika menyapa pemimpin-pemimpin dunia lainnya. Seperti saat ia bertemu dengan Presiden Turki Tayyep Erdogan di pertemuan NATO.

Cinderamata
Dalam pertemuan antara kepala negara, Biden dan Putin bertukar cinderamata yang biasanya mewakilkan elemen penting dari budaya masing-masing. Putin menghadiahkan Biden alat tulis yang dihias dengan gaya tradisional Khokhloma, pola rumit yang menyerupai motif-motif yang biasanya untuk menghias tembikar.

Biden menghadiahi Putin patung kristal berbentuk bison Amerika, mamalia raksasa asli Great Plains dan pusat kehidupan penduduk asli Amerika. Ia juga memberi Putin kacamata hitam yang biasa Biden gunakan.

sumber : Sputnik
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA