Kamis 17 Jun 2021 20:17 WIB

Israel Hancurkan Enam Rumah Milik Warga Palestina

Israel cegah pembangunan Palestina dan usir rakyat Palestina dari tanahnya sendiri

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Tampak permukiman Maale Michmash yang dibangun Israel di Tepi Barat.
Foto: Majdi Mohammed/AP
Tampak permukiman Maale Michmash yang dibangun Israel di Tepi Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JENIN -- Salah seorang pejabat Palestina mengatakan otoritas pendudukan Israel mengirimkan surat pemberitahuan pembongkaran enam rumah warga Palestina. Rumah-rumah yang sedang dibangun itu terletak Khirbet Faris di daerah Yabad, selatan Jenin, barat daya Tepi Barat.

Dilansir Wafa pada Kamis (17/6), Kepala Desa Zebda mengatakan pasukan Israel mengirimkan surat pemberitahuan untuk menghancurkan enam rumah milik warga Palestina. Alasannya karena tidak boleh ada pembangunan.

Baca Juga

Surat notifikasi itu memberi waktu pemilik rumah hingga 12 Juni untuk mengajukan banding ke pengadilan Israel. Khirbet Faris terletak di dalam rencana pembangunan Dewan Desa Zabada.

Beberapa hari yang lalu dewan desa sudah mengaspal jalan dan mengubah jaring air dalam proyek yang didukung oleh Development and Lending Fund for Local Authorities dan kerjasama dengan Uni Eropa. Israel menyusun rencana dan kebijakan pembangunan di Tepi Barat.

Pusat informasi mengenai pelanggaran hak asasi manusia di wilayah pendudukan, B’Tselem mengatakan Israel mencegah pembangunan Palestina dan mengusir rakyat Palestina dari tanah mereka sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement