Kamis 17 Jun 2021 19:17 WIB

Dalam Sehari 59 Kasus Covid Baru di Sumedang

Klaster baru Covid-19 kembali bermunculan di Sumedang.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Muhammad Fakhruddin
Dalam Sehari 59 Kasus Covid Baru di Sumedang (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Dalam Sehari 59 Kasus Covid Baru di Sumedang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUMEDANG -- Jumlah kasua positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang melonjak. Dalam sehari, terjadi penambahan kasus Covid hingga 59 kasus tersebar di 11 kecamatan. Penambahan jumlah positif Covid 19 itu tercatat pada Rabu (16/6).

‘’Dalam satu hari tercatat ada 59 yang positif Covid-19,’’ kata Ketua Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang,  Iwa Kuswaeri, dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Kamis (17/6).

Dengan penambahan tersebut, kata Iwa, maka jumlah positif Covid 19 di Kabupaten Sumedang tercatat sebanyak 4.762 orang. Penambahan jumlah positif Covid 19 tersebut, imbuh dia, tersebar di 11 kecamatan meliputi, Buahdua (20 orang), Sukasari (19), Surian (6), Sumedang Utara (4), Pamulihan (2), Cimalaka, Cisarua, Jatinangor, Situraja, dan Sumedang Utara masing masing satu orang.

Dikatakan Iwa, klaster baru Covid-19 kembali bermunculan di Sumedang. Ia mengatakan, ada tiga klaster baru yaitu hajatan, pariwisata, dan perkantoran pemerintahan. Dengan adanya klaster baru tersebut, kata dia, maka kegiatan kegiatan di tiga sektor tersebut, yaitu hajatan, pariwisata, perkantoran diperketat. ‘’Kami mendeteksi ada tiga klaster baru di Sumedang. Kita lakukan langkah langkah yang bisa menekan penyebaran klaster tersebut,’’ kata dia.

Dikatakan Iwa, sampai saat ini  tercatat 4.762 kasus positif Covid 19, sebanyak  4.490 orang dinyatakan  telah sehat, 124 orang meninggal dunia, 22 dirawat di RSUD Sumedang, dan 126 orang masih menjalani isolasi. Ia mengatakan, total spesimen PCR/Swab oleh Dinkes sebanyak  17.430 orang ,  RSUD  3.162 orang, dan jumlah keseluruhan tercatat 20.592 orang .’’Pelaksanaan PCR/swab ulang sebanyak 111 spesimen, jumlah swab/PCR Kawasan Industri 3.021 spesimen, ‘’ujar dia.

Sementara Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, meminta masyarakat di wilayahnya untuk lenih meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Ia meminta kegiatan kegiatan yang menimbulkan kerumunan dibatasi. ‘’Jangan kendur dalam menerapkan disiplin prokes,’’ ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement