Kamis 17 Jun 2021 18:43 WIB

FDA Beri Peringatan untuk Jenis Susu Ini

Tak semua susu diproduksi dan dibuat dengan setara.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Tak semua susu diproduksi dan dibuat dengan setara.
Foto: Pixabay
Tak semua susu diproduksi dan dibuat dengan setara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Susu dapat menjadi bagian dari pola makan seimbang yang menyehatkan. Sayangnya, tak semua susu diproduksi dan dibuat dengan setara.

Food and Drug Administration (FDA) memberikan peringatan mengenai produk susu dari brand Designed by Nature. Beberapa produk dari Designed by Nature yang ditarik secara sukarela oleh brand tersebut adalah Goat's Milk Powder, Cow's Milk Powder, dan Base Milk Powder Formula.

Baca Juga

Produk formula bubuk dari Designed by Nature selama ini dijual secara eksklusif Kmelalui laman resmi mereka. Produk ini memiliki tanggak kedaluwarsa 1 Mei 2021 dan 11 Juni 2022.

Sejauh ini memang belum ditemukan adanya laporan mengenai masalah kesehatan atau cedera terkait konsumsi produk-produk Designed by Nature yang ditarik dari peredaran. Akan tetapi, laporan FDA menunjukkan adanya kemungkinan risiko kesehatan yang berkaitan dengan konsumsi produk-produk Designed by Nature yang ditarik.

 

"(Produk Designed by Nature) kekurangan beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk susu formula bayi," papar FDA dalam laporan mereka, seperti dilansir Best Life, Kamis (17/6).

Menurut Federal Food, Drug, and Cosmetic Act (FFDCA), susu formula bayi merupakan makanan yang ditujukan secara khusus sebagai makanan bayi. Susu formula bisa digunakan sebagai pengganti sebagian atau keseluruhan dari ASI.

Akan tetapi, standar pada produk-produk susu formula dari Designed by Nature tidak memenuhi kriteria tersebut. FDA juga secara khusus mengungkapkan bahwa produk Designed by Nature yang ditarik tidak diizinkan atau tidak ditujukan untuk anak berusia di bawah 12 bulan.

"Kami berencana untuk mengubah label kami untuk membuatnya jelas bahwa produk-produk ini tidak ditujukan untuk penggunaan sebagai susu formula bayi," pungkas pihak Designed by Nature.

Selain itu, produk-produk dari Designed by Nature yang ditarik juga belum dites terhadap Cronobacter. Cronobacter merupakan patogen yang dapat menyebabkan infeksi mematikan pada bayi baru lahir.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement