Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Pengamat: Airlangga Bisa Jadi King Maker Sekaligus Capres

Kamis 17 Jun 2021 17:54 WIB

Red: Agung Sasongko

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Foto: SIGID KURNIAWAN/ANTARA
Airlangga Hartarto dinilai sebagai king maker yang paling lengkap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sebagai king maker yang paling lengkap dan komplet karena berpotensi menjadi calon presiden atau calon wakil presiden pada 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby, dalam pemaparan hasil temuan survei nasional opini publik Denny JA berjudul "3 King/Queen Maker Pilpres 2024 dan Komplikasinya", Kamis (17/6). 

"Airlangga termasuk kategori king maker yang paling lengkap, paling komplet. Karena selain berpotensi atau punya kapasitas untuk menjadi king maker pada 2024, Airlangga Hartarto masih punya potensi menjadi capres maupun.  cawapres. Jadi, dengan kategori king maker dan peluang mereka menjadi king atau wakil king, maka dari tiga nama ini yang masih terbuka peluangnya adalah Airlangga Hartarto, baik sebagai capres maupun cawapres," ujar Adjie dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (17/6).

Adjie menjelaskan, dalam temuan surveinya, LSI Denny JA menemukan bahwa terdapat tiga nama king atau queen maker yang akan menentukan arah Pilpres 2024. Tiga nama tersebut adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Ada tiga king atau queen maker dalam Pilpres 2024. Mengapa ada tiga tokoh ini kita sebut king atau queen 2024? Karena, mereka sudah mengantongi minimal 3/4 tiket atau tiket penuh," katanya menjelaskan.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA